Rizkiyah, Marwiyatur (2023) Analisis Proses Pembelajaran Tema Pakaian Adat Indonesia Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV Melalui Media Puzzle Gambar Di SDN Bahagia 03 Kabupaten Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201910615037_Marwiyatur Rizkiyah_Cover - Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
201910615037_Marwiyatur Rizkiyah_BAB I.pdf Download (368kB) |
|
Text
201910615037_Marwiyatur Rizkiyah_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) |
|
Text
201910615037_Marwiyatur Rizkiyah_BAB V.pdf Download (307kB) |
|
Text
201910615037_Marwiyatur Rizkiyah_Daftar Pustaka.pdf Download (391kB) |
|
Text
201910615037_Marwiyatur Rizkiyah_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yakni kurangnya pengetahuan dan pemahaman pada proses pembelajaran tema pakaian adat Indonesia pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan sosial. Rumusan pada penelitian ini yaitu, bagaimana penerapan proses pembelajaran tema pakaian adat Indonesia dalam menggunakan media puzzle gambar pada kelas IV B di SDN Bahagia 03 Kabupaten Bekasi. Tujuan penelitian mengetahui penerapan proses pembelajaran pakaian adat Indonesia dalam menggunakan media puzzle gambar di SDN Bahagia 03 Kabupaten Bekasi. Jenis penelitian ialah kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SDN Bahagia 03 yang berjumlah 28 siswa. Berdasarkan hasil kesimpulan dengan penerapan proses pembelajaran media puzzle gambar, guru kelas IV B mampu membuat situasi dalam kelas pada pembelajaran pakaian adat Indonesia cukup baik dan sangat membantu dalam proses pembelajaran. Adapun kemampuan siswa dalam memahami proses pembelajaran tema pakaian adat Indonesia siswa kelas IV B dapat menafsirkan, mencontohkan, mengklasifikasikan, merangkum, menyimpulkan, membandingkan dan menjelaskan jenis pakaian adat Indonesia. Melalui pengamatan dan dokumentasi, pada saat proses pembelajaran pakaian adat Indonesia, sebagian siswa aktif dan antusias saat mengikuti pembelajaran. Namun ada sebagian siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 02:50 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 02:50 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25317 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year