Ningsih, Niviana (2023) Hubungan Kepercayaan diri Siswa Terhadap Kemandirian Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 Di SDN Mangun Jaya 03. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201910615061_Niviana Ningsih_Cover - Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
201910615061_Niviana Ningsih_BAB I.pdf Download (187kB) |
|
Text
201910615061_Niviana Ningsih_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) |
|
Text
201910615061_Niviana Ningsih_BAB V.pdf Download (126kB) |
|
Text
201910615061_Niviana Ningsih_Daftar pustaka.pdf Download (267kB) |
|
Text
201910615061_Niviana Ningsih_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Adanya kesenjangan memahami intruksi siswa saat menghadapi ujian Bahasa Indonesia dapat menghambat pencapaian tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia.. Oleh sebab itu, permasalahan yang akan dikaji pada penelitian ini adalah: “Apakah terdapat hubungan antara kepercayaan diri terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 3 SDN Mangun Jaya 03”. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang berbasis korelasional yaitu untuk mengetahui hubungan antara variabel kepercayaan diri dengan variabel kemandirian belajar. Penelitian ini dilakukan di kelas III (A, B, C, D) SDN Mangunjaya 03 semester 2 (genap) tahun ajaran 2022/2023 yang berpopulasi sebanyak 112 siswa. Selanjutnya, peneliti menggunakan teknik cluster random sampling dengan target sampel minimal sebanyak 53 siswa. Peneliti menyebarkan sebanyak 60 kuesioner tetapi kuesioner yang terisi dengan baik dapat dapat di olah hanya sebanyak 56 responden. Pada uji coba instrumen variabel kepercayaan diri hanya didapatkan 25 item valid dari 30 item pertanyaan sedangkan variabel kemandirian belajar hanya didapatkan 20 item valid dari 24 item pertanyaan, serta semua hasil uji reliabilitas terpenuhi. Hasil uji prasyarat didapatkan bahwa uji normalitas dan linearitas telah terpenuhi. Hasil uji korelasi antara variabel kepercayaan diri dengan variabel kemandirian belajar adalah sebesar 0,432 yang bernilai positif dan termasuk kedalam kategori tingkat hubungan sedang. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif kepercayaan diri terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 3 SDN Mangun Jaya 03.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 02:50 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 02:50 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25324 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year