Amaliyah, Qolbi Albaiti (2023) Efektivitas Model Creative Problem Solving Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas IV Materi Pesawat Sederhana Di SDN Margajaya I Kota Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201910615042_Qolbi Albaiti Amaliyah_Cover - daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
201910615042_Qolbi Albaiti Amaliyah_BAB I.pdf Download (185kB) |
|
Text
201910615042_Qolbi Albaiti Amaliyah_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (894kB) |
|
Text
201910615042_Qolbi Albaiti Amaliyah_BAB V.pdf Download (101kB) |
|
Text
201910615042_Qolbi Albaiti Amaliyah_Daftar pUstaka.pdf Download (244kB) |
|
Text
201910615042_Qolbi Albaiti Amaliyah_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Terdapat permasalahan pada pelajaran IPA terutama materi pesawat sederhana guru hanya menggunakan metode ceramah. Ketika menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran, guru lebih berperan daripada siswa. Siswa hanya mendengarkan materi yang diberikan oleh guru dan biasanya dilanjutkan dengan mengerjakan soal. Hal ini menyebabkan siswa menjadi pasif ketika mengikuti proses pembelajaran, sehingga tujuan penelitian ini untuk efektivitas model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Margajaya I Kota Bekasi pada materi pesawat sederhana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subjek yaitu siswa kelas IV SDN Margajaya I. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen berjumlah 23 siswa, dan kelas kontrol berjumlah 23 siswa. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan metode tes keterampilan berpikir kritis IPA siswa di SD berupa soal pilihan ganda, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan statistik uji-t, taraf signifikan 5% = 0,05. Analisis inferensial merupakan teknik analisis yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah hipotesis dalam penelitian diterima atau ditolak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis IPA siswa pada materi pesawat sederhana. Hal ini ditunjukkan pada hasil rata-rata nilai kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan pembelajaran CPS yaitu 86,25, dan kelas kontrol yang diberikan perlakuan pembelajaran konvensional yaitu 68,04. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-thailed) 0.000 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 02:51 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 02:51 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25331 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year