Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Simanullang, Ribka (2023) Pengaruh Pembelajaran Scientific, Technology, Engineering, and, Mathematics (STEM) Berbantuan Fun Lab Scientific Tour Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SDN Perwira 06 Kota Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910615057_Ribka Simanullang_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201910615057_Ribka Simanullang_BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
201910615057_Ribka Simanullang_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201910615057_Ribka Simanullang_BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
201910615057_Ribka Simanullang_Daftar Pustaka.pdf

Download (261kB)
[img] Text
201910615057_Ribka Simanullang_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belaking oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini ditunjukkan dengan siswa kurang mendapat kesempatan langsung untuk melihat dan mempelajari pembelajaran IPA secara nyata serta kurang didorong dalam keterlibatan dalam proses pembelajaran. Siswa menganggap pembelajaran IPA kurang menarik dan sulit dipahami. Kegiatan pembelajaran IPA yang telah ditemukan juga belum memiliki kontribusi secara maksimal dalam melatih kemampuan berpikir kreatif siswa. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran STEM dengan berbantuan Fun Lab Scientific Tour berlandaskan rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Model pembelajaran STEM ini memiliki tahapan: Pengamatan (Observer), Ide Baru (New Idea), Inovasi (Innovation), Kreasi (Creativity), Nilai (Society). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Desain ini melibatkan dua kelompok subjek, satu diberi perlakuan eksperimental (kelompok eksperimen) dan yang lain tidak diberikan perlakuan (kelas kontrol). Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas IV SDN Perwira 06 Kota Bekasi. Data penelitian yang diperoleh peneliti dari hasil pretest-posttest, observasi, wawancara, Lembar Kerja Proyek (LKP), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan statistik uji-t, taraf signifikan 5% = 0,05. Hasil nilai yang diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan pembelajaran STEM yaitu 85,19, dan kelas kontrol yang diberikan perlakuan pembelajaran konvensional yaitu 70,65. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran STEM berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:51
Last Modified: 27 Dec 2023 02:51
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25335

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year