Putri, Shinta Marda (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV di SDN Pejaten Timur 05 Jakarta Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201910615006_Shinta Marda Putri_Cover - daftar Isi.pdf Download (578kB) |
|
Text
201910615006_Shinta Marda Putri_BAB I.pdf Download (170kB) |
|
Text
201910615006_Shinta Marda Putri_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) |
|
Text
201910615006_Shinta Marda Putri_BAB V.pdf Download (162kB) |
|
Text
201910615006_Shinta Marda Putri_Daftar Pustaka.pdf Download (257kB) |
|
Text
201910615006_Shinta Marda Putri_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar matematika disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kurangnya penggunaan model pembelajaran yang bervariasi. Salah satu model pembelajaran yang memiliki potensi untuk meningkatkan hasil belajar adalah Make a Match. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subjek siswa kelas IV SDN Pejaten Timur 05. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 60 siswa. Pada kelas eksperimen berjumlah 30 siswa, dan kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan metode tes hasil belajar matematika berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan statistik uji-t, taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran Make a Match berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar segi banyak. Hal ini ditunjukkan pada hasil rata-rata nilai kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan pembelajaran Make a Match yaitu 84,00 dan kelas kontrol yang diberikan perlakuan pembelajaran konvensional yaitu 70,17. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 02:52 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 02:52 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25341 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year