Tiara, Tiara (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Ekosistem Kelas V SDN Perwira 06. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201910615009_Tiara_Cover -Daftar Isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
201910615009_Tiara_BAB I.pdf Download (265kB) |
|
Text
201910615009_Tiara_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
201910615009_Tiara_BAB V.pdf Download (195kB) |
|
Text
201910615009_Tiara_Daftar pUstaka.pdf Download (264kB) |
|
Text
201910615009_Tiara_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep IPA yang disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam pembelajaran IPA sehingga siswa memiliki pemahaman konsep yang terbalik sehingga dapat mempengaruhi hasil belajarnya, Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Science, Enviroment, Technology,Society (SETS) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Science, Enviroment, Technology,Society (SETS) terhadap hasil belajar IPA mater ekosistem kelas V SDN Perwira 06 kota Bekasi.Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental( eksperimen semu )dengan desain nonequivalent control group design. Subjek yaitu kelas V SD Negeri Perwira 06.Sample penelitian ini berjumlah 49 siswa yang terdiri dari kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen berjumlah 24 siswa dan kelas kontrol 25 siswa. Data penelitian ini peneliti memperoleh data dari hasil observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah analisis inferensial dengan pengujian hipotesis uji -t, taraf signifikan 5% = 0,05. Analisis inferensial merupakan teknik yang digunakan untuk mengetahui apakah hipotesiss penelitian dapat diterima atau ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Science, Enviroment, Technology,Society (SETS) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa pada materi ekosistem. Hal ini ditunjukan pada hasil rata-rata nilai kelas eksperimen setelah diberi perlakuan model (SETS) yaitu 87. 79 dan kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvesional sebesar 78.16. Hasil uji hipotesis diperoleh sig.( 2-thailed) 0.000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini HO ditolak dan Ha diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 02:52 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 02:52 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25345 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year