Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Andini, Tiara Suci (2023) Penerapan Aplikasi Let's Read pada Kemampuan Literasi Digital Siswa Kelas VI SDN Sukamantri 01 Tambelang. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910615093_Tiara Suci Andini_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (19MB)
[img] Text
201910615093_Tiara Suci Andini_BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
201910615093_Tiara Suci Andini_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
201910615093_Tiara Suci Andini_BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
201910615093_Tiara Suci Andini_Daftar Pustaka.pdf

Download (236kB)
[img] Text
201910615093_Tiara Suci Andini_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Manfaat nyata dari kecerdasan digital pada bidang pendidikan dapat dilihat dengan adanya transformasi model pembelajaran yang sudah semakin berkembang yang hampir seluruhnya dilaksanakan dengan memanfaatkan internet. Kegiatan belajar mengajar yang sudah divariasikan ke ranah digital seharusnya dapat membuat kegiatan literasi menjadi semakin menarik. Hanya saja variasi digital dalam kegiatan belajar mengajar belum diterapkan sepenuhnya di SDN Sukamantri 01 Tambelang, khususnya pada kelas VI. Oleh sebab itu, permasalahan yang akan dikaji diturunkan ke dalam dua subfokus penelitian yaitu mengenai penerapan aplikasi Let’s Read dalam mendeskripsikan kemampuan literasi digital siswa dan faktor pendukung serta penghambat penerapan aplikasi Let’s Read dalam mendeskripsikan kemampuan literasi digital siswa. Dengan menggunakan penelitian kualitatif berjenis studi deskriptif, diperoleh hasil dari kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi berupa kemampuan literasi digital siswa kelas VI SDN Sukamantri 01 Tambelang yang sudah sesuai dengan perkembangan teknologi dan informasi di bidang pendidikan. Meskipun begitu, sayangnya guru mereka masih berfokus pada pembelajaran tradisional di dalam kelas tanpa memanfaatkan teknologi digital yang telah ada, sehingga kemampuan literasi digital yang telah mereka miliki tidak berkembang dengan baik. Selain itu diketahui faktor yang mendukung kegiatan literasi digital melalui penerapan aplikasi Let’s Read berasal dari kemampuan literasi digital siswa yang didukung dengan kemampuan literasi digital guru, sarana dan prasarana yang disediakan pihak sekolah juga cukup mendukung adanya kegiatan penerapan aplikasi Let’s Read di kelas VI, ditambah lagi kegiatan penerapan Let’s Read dilaksanakan dengan berbantuan Buku Saku yang dibuat oleh peneliti. Selain itu, masih ditemukannya siswa yang belum lancar membaca menjadi salah satu penghambat kegiatan literasi digital, hal tersebut dikarenakan siswa merupakan murid pindahan di kelas VI sehingga kurang mendapatkan perhatian penuh dari guru. Lebih lanjut, selain sebagai faktor yang mendukung, sarana dan prasarana juga menjadi faktor penghambat karena sarana dan prasarana yang diberikan masih kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:52
Last Modified: 27 Dec 2023 02:52
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25347

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year