Silvahira, Violita (2023) Pengaruh Model CPS (Creative Problem Solving) Berbantuan Amplop Paragraf Terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Deduktif Dan Induktif Pada Siswa Kelas IV SDN Margajaya I Kota Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201910615040_Violita Silvahira_Cover - Daftar Isi.pdf Download (727kB) |
|
Text
201910615040_Violita Silvahira_BAB I.pdf Download (398kB) |
|
Text
201910615040_Violita Silvahira_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
201910615040_Violita Silvahira_BAB V.pdf Download (105kB) |
|
Text
201910615040_Violita Silvahira_Daftar pustaka.pdf Download (506kB) |
|
Text
201910615040_Violita Silvahira_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Terdapat permasalahan pada pelajaran Bahasa Indonesia terutama materi ide pokok paragraf deduktif dan induktif guru hanya menggunakan metode ceramah. Ketika menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran, guru lebih berperan daripada siswa. Hal ini menyebabkan siswa menjadi pasif ketika mengikuti proses pembelajaran, sehingga tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh model CPS (Creative Problem Solving) Berbantuan Amplop Paragraf Terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Deduktif Dan Induktif Pada Siswa Kelas IV SDN Margajaya I Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subjek yaitu siswa kelas IV SDN Margajaya I. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan metode tes keterampilan menulis paragraf deduktif dan induktif, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan statistik uji-t, taraf signifikan 5% = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model CPS (Creative Problem Solving) berpengaruh terhadap keterampilan menulis paragraf deduktif dan induktif. Hal ini ditunjukkan pada hasil rata-rata nilai kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan pembelajaran CPS yaitu 85,09, dan kelas kontrol yang diberikan perlakuan pembelajaran konvensional yaitu 76,96. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-thailed) 0.000 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 02:52 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 02:52 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25349 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year