Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Putri, Novia Eka (2019) Pola Komunikasi Guru Dalam Proses Internalisasi Nilai Pendidikan Kepada Anak-Anak Pemulung di Daerah Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang (Studi Deskriptif di Sekolah Alam Tunas Mulia, Kel. Sumur Batu, Bantar Gebang, Bekasi). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
201510415158_Novia Eka Putri_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (959kB)
[img] Text (BAB I)
201510415158_Novia Eka Putri_BAB I.pdf

Download (363kB)
[img] Text (BAB II, III, IV)
201510415158_Novia Eka Putri_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
201510415158_Novia Eka Putri_BAB V.pdf

Download (239kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
201510415158_Novia Eka Putri_Daftar Pustaka.pdf

Download (124kB)
[img] Text (Lampiran)
201510415158_Novia Eka Putri_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang terjadi antara para guru dengan siswa di Sekolah Alam Tunas Mulia dan mengetahui perubahan karakter siswa dalam hal kesadaran akan pentingnya pendidikan. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah coding data yang meliputi open coding, axial coding dan selective coding. Hasil penelitian menunjukkan dalam proses internalisasi nilai pendidikan, para guru menerapkan pola komunikasi primer dimana simbol digunakan sebagai media pembelajaran. Komunikasi yang terjadi secara dua arah memperlihatkan proses komunikasi instruksional sehingga adanya perubahan perilaku (kognitif, afektif dan konatif atau psikomotor) dari para siswa secara signifikan. Perubahan perilaku ini berkaitan dengan karakter siswa yang diterapkan oleh para pengajar diantaranya; akhlak dan keahlian. Karakter yang ditanamkan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap pentingnya pendidikan. Kata kunci: Pola Komunikasi Guru dengan Siswa, Internalisasi Nilai Pendidikan, Komunikasi Instruksional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi Guru dengan Siswa, Internalisasi Nilai Pendidikan, Komunikasi Instruksional
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Raden Ola Triana
Date Deposited: 05 Jun 2020 06:31
Last Modified: 05 Jun 2020 06:31
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/2559

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year