Allanita, Clara Leavia (2019) Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Menstrual Cup Oleh Sustaination Sebagai Salah Satu Upaya Mengurangi Limbah Pembalut. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text (Cover-Daftar Isi)
201510415105_Clara Leavia Allanita_Cover-Daftar Isi.pdf Download (5MB) |
|
Text (BAB I)
201510415105_Clara Leavia Allanita_BAB I.pdf Download (512kB) |
|
Text (BAB II, III, IV)
201510415105_Clara Leavia Allanita_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
201510415105_Clara Leavia Allanita_BAB V.pdf Download (307kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
201510415105_Clara Leavia Allanita_Daftar Pustaka.pdf Download (216kB) |
|
Text (Lampiran)
201510415105_Clara Leavia Allanita_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Menstrual cup sebagai pengganti pembalut konvensional merupakan hal yang masih tabu di kalangan masyarakat Indonesia. Alat berbentuk cangkir tersebut berfungsi menampung darah menstruasi dan dapat digunakan secara berulang selama 10 tahun. Penggunaannya dapat mengurangi produksi limbah pembalut yang tidak ramah lingkungan. Sustaination memberikan akses sekaligus informasi dan edukasi bagi perempuan Indonesia untuk menjangkau menstrual cup dengan menjadi penyedia resmi brand OrganiCup di Indonesia. Karena bentuk dan konsep produk yang masih tabu di Indonesia, maka diperlukan strategi untuk memasarkan produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi komunikasi pemasaran produk menstrual cup oleh Sustaination sebagai salah satu upaya mengurangi limbah pembalut. Penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam melakukan penelitian ini. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan secara purposive sampling dengan memilih tiga informan. Berdasarkan hasil penelitian, maka: (1) Sustaination menggunakan media sosial dan online market place untuk menjangkau calon customer, dan memungkinkan untuk terjalinnya komunikasi dua arah terkait informasi produk yang dipasarkan. (2) Menerapkan konsep strategi yang sejalan dengan konsep green marketing. (3) Pemanfaatan review dari para user di media sosial sebagai bentuk word of mouth untuk meyakinkan calon customer memutuskan pembelian. Kata kunci : Komunikasi, Strategi, Menstrual cup
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi, Strategi, Menstrual cup |
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Raden Ola Triana |
Date Deposited: | 09 Jun 2020 01:55 |
Last Modified: | 09 Jun 2020 01:55 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/2577 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year