Putri, Ayu Angraeni (2019) Komunikasi Antarbudaya Diantara Pemain Game Online Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile (Studi Kasus Komunikasi Menggunakan Fitur Voice Chat Game Online Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text (Cover-Daftar Isi)
201510415045_Ayu Anggraeni Putri_Cover-Daftar Isi.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB I)
201510415045_Ayu Anggraeni Putri_BAB I.pdf Download (929kB) |
|
Text (BAB II, III, IV)
201510415045_Ayu Anggraeni Putri_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
201510415045_Ayu Anggraeni Putri_BAB V.pdf Download (358kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
201510415045_Ayu Anggraeni Putri_Daftar Pustaka.pdf Download (201kB) |
|
Text (Lampiran)
201510415045_Ayu Anggraeni Putri_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini mendiskusikan proses komunikasi antarbudaya yang berlangsung melalui fitur voice chat game online Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile dan stereotip-stereotip yang timbul dari komunikasi antarbudaya diantara pemain. Game online Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile merupakan game multi pemain berbasis internasional yang memungkinkan pemain dari berbagai daerah dan negara bertemu dan berkomunikasi dalam permainan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses komunikasi antarbudaya yang terjadi dan pembentukan stereotip pada pemain game online Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification sebagai landasan dalam melakukan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun proses komunikasi diantara pemain game mengalami hambatan perbedaan bahasa, tetapi pemain game online Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile tetap meneruskan permainan karena memiliki tujuan tersendiri yang ingin dicapai melalui komunikasi di dalam game. Hal ini sesuai dengan teori uses and gratification bahwa pemilihan dan penggunaan media oleh khalayak dilakukan secara sengaja dan tindakan termotivasi oleh tujuan. Pembentukan stereotip pada pemain juga berdasarkan pada pengalaman bermain dan pengalaman komunikasi melalui voice chat diantara pemain game online Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile. Kata kunci : Game online Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile, Teori Uses and Gratification, Stereotip
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game online Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile, Teori Uses and Gratification, Stereotip |
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Raden Ola Triana |
Date Deposited: | 09 Jun 2020 01:56 |
Last Modified: | 09 Jun 2020 01:56 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/2585 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year