Cyntia, Natalia Melysa (2019) Strategi Public Relations Dalam Meningkatkan Pelayanan Pengguna KRL Commuter Line Melalui Facebook Dan Twitter. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text (Cover-Daftar Isi)
201410415151_Natalia Melysa Cyntia_Cover-Daftar Isi.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
201410415151_Natalia Melysa Cyntia_BAB I.pdf Download (320kB) |
|
Text (BAB II, III, IV)
201410415151_Natalia Melysa Cyntia_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
201410415151_Natalia Melysa Cyntia_BAB V.pdf Download (151kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
201410415151_Natalia Melysa Cyntia_Daftar Pustaka.pdf Download (144kB) |
|
Text (Lampiran)
201410415151_Natalia Melysa Cyntia_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
PT. Kereta Commuter Indonesia (PT. KCI) menggunakan media sosial yaitu, facebook, twitter, instagram dan youtube sebagai sarana komunikasi dengan pengguna (konsumen). Dalam rangka peningkatan pelayanan pengguna KRL commuter line praktisi public relations PT. KCI memanfaatkan facebook dan twitter, sedangkan media sosial instagram dan youtube digunakan PT. KCI sebagai media promosi. Dalam penelitian ini penulis khusus membahas mengenai penggunaan media sosial facebook dan twitter sebagai salah satu cara sarana penyampaian informasi yang berkaitan dengan perusahaan sebagai salah satu strategi meningkatkan pelayanan kepada pengguna KRL commuter line. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi four steps public relations yang dilakukan oleh praktisi public relations PT. KCI dalam pengelolaan media sosial perusahaan sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan yang prima kepada pengguna KRL (customer). Bahwa penelitian akan menjelaskan langkah-langkah strategi yang dilakukan oleh praktisi public relations PT. KCI yang mengelola media sosial, yaitu facebook dan twitter. Penelitian ini menggunakan konsep atau landasan teori strategi public relations menurut Cutlip dan Center yang dikenal dengan strategi four step public relations yaitu mendefinisikan masalah, merencanakan dan memprogramkan, melakukan aksi dan mengkomunikasikannya, dan melakukan evaluasi program. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penilitian ini adalah dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktisi public relations dari PT. KCI melakukan strategi four step public relations secara sistematis dan tersusun dengan rapih. Pertama, melakukan identifikasi masalah yang terjadi berkaitan dengan respon masyarakat tentang penilaian citra perusahaan melalui media sosial. Kedua, melakukan perencanaan yang sesuai dengan masalah yang ditemukan pada identifikasi masalah dengan melakukan perumusan konten informasi demi tercapainya tujuan. Ketiga, melakukan aksi dan mengkomunikasikannya dengan cara melaksanakan setiap rumusan rencana yang disusun. Keempat, melakukan evaluasi program dengan cara mengevaluasi report konten yang ada di media sosial, kemudian menentukan waktu pelaksanaan evaluasi agar evaluasi dilakukan secara teratur. Kata Kunci : Strategi,Public Relations, Pelayanan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Public Relations, Pelayanan |
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation |
Divisions: | Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Raden Ola Triana |
Date Deposited: | 09 Jun 2020 01:57 |
Last Modified: | 09 Jun 2020 01:57 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/2594 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year