Mahasena, Bias (2021) Analisis dan Optimalisasi Sistem Antrian di PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) KCP Pejuang. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201610215205_Bias Mahasena_Cover - Daftar isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
201610215205_Bias Mahasena_BAB I.pdf Download (446kB) |
|
Text
201610215205_Bias Mahasena_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
201610215205_Bias Mahasena_BAB V.pdf Download (92kB) |
|
Text
201610215205_Bias Mahasena_Daftar Pustaka.pdf Download (88kB) |
|
Text
201610215205_Bias Mahasena_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Bank BRI KCP Pejuang mempunyai rata-rata waktu menunggu yaitu 14,89 menit melebihi standar waktu pelayanan teller perusahaan sebesar 5 menit. Rata-rata waktu menunggu ini lebih lambat 2,97 kali lipat dibandingkan dengan waktu standar perusahaan. Perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menentukan nilai performansi sistem antrian pada bank BRI KCP Pejuang dan menentukan jumlah teller yang dapat memperkecil waktu tunggu nasabah. Metode yang digunakan adalah sistem antrian Multi channel-single phase (M/M/C). Hasil penelitian menunjukkan bank BRI KCP Pejuang mempunyai nilai performansi sistem antrian yaitu tingkat kegunaan fasilitas (P) sebesar 87%, probabilitas tidak adanya pelanggan (P0) 3,3%, rata-rata jumlah pelanggan dalam antrian (Lq) sebesar 5,250 orang, rata-rata jumlah pelangan dalam sistem (Ls) sebesar 7,866 orang, rata-rata waktu menunggu dalam antrian (Wq) sebesar 11,244 menit, rata-rata menunggu dalam sistem (Ws) sebesar 16,308 menit, dan probabilitas nasabah yang telah memasuki sistem dan harus menunggu untuk dilayani (Pw) sebesar 75%. Jumlah teller yang lebih baik untuk memperkecil waktu tunggu nasabah adalah 4 karena dapat menurunkan rata-rata panjang antrian dalam sistem (Ls) sebesar 58%, waktu menunggu nasabah dalam sistem (Ws) sebesar 58% yaitu dari 16,308 menit menjadi 7,044 menit, dan probabilitas seorang nasabah yang telah memasuki sistem dan harus menunggu untuk dilayani (Pw) sebesar 49%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Industri > Pengendalian Kualitas Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Industri |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 04:43 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 04:43 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/26278 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year