Mangundjaya, Wustari L (2023) Pelatihan sebagai Sarana Pengembangan Kompetensi Pengasuh di Panti Sosial Asuhan Anak di Jakarta Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1 (5). pp. 179-188. ISSN 2987- 0135
Text
5. Pelatihan pengembangan kompetensi pengasuh.pdf Download (1MB) |
Abstract
Abstrak: Suatu lingkungan pekerjaan berubah akan menyebabkan tuntutan pekerjaan juga menjadi berubah. Hal ini menyebabkan setiap organisasi harus mau dan mampu mengembangkan karyawannya untuk mengikuti perubahan yang ada. Dalam hal ini organisasi tidak hanya organisasi yang bersifat mencari keuntungan, tetapi juga juga bagi organisasi nirlaba seperti Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA). Dengan fungsi dan perannya yang strategis PSAA harus memiliki SDM yang kompeten dan sesuai dengan persyaratan jabatan yang diperlukan. Untuk itu, program pelatihan yang sifatnya re-skilling maupun up-skilling perlu dilakukan bagi para karyawan dan pengasuh anak-anak di panti asuhan. Pendekatan pengembangan organisasi dan analisis organisasi akan dapat diperoleh informasi bahwa para pengasuh di panti asuhan memerlukan pelatihan pengembangan diri dan effective parenting. Dari evaluasi diketahui bahwa pelatihan tersebut berhasil dengan baik, dan diharapkan adanya kelanjutan dari program pelatihan atau pendampingan ini. Makalah ini membahas mengenai proses pelaksanaan program pelatihan tersebut dari tahap identifikasi kebutuhan pelatihan sampai dengan trasfer of learning pada Panti Sosial Asuhan Anak di Jakarta Abstract Changing environment consequently make changes to the job requirement in the organization. Which then will impact the organization to continue developing their employees according to the needs. In this regard, the changing environment not only applies at the profit organization but also for the not profit organization as well, including the orphanage. The orphanage has a strategic role in taking care of children, consequently they also need to have professional workers. Thus, training and development program should be developed for upskilling and reskilling the care-giver. Based on the results of organizational analysis it showed that the care-giver need to update their knowledge and skills in knowing themselves and effective parenting. This paper discuss about the process of the training program starting from training needs analysis untill transfer of learning at orphanage in Jakarta. The program showed that the training which have been implemented through the stages of training program thoroughly had benefitted to the employees and to the management of the orphanage.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | care-giver, effective parenting, foster-children, orphan |
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mangundjaya Wustari Larasati |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 01:34 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 01:34 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/27269 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year