Fauzi, Ahmad (2023) Pola Komunikasi Kelas Virtual Videografer Urro Academy (Studi Analisis Deskriptif Tentang Pola Komunikasi Kelas Virtual Videografi Urro Academy). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201710415086_Ahmad Fauzi_Cover -Daftar isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
201710415086_Ahmad Fauzi_BAB I.pdf Download (387kB) |
|
Text
201710415086_Ahmad Fauzi_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
|
Text
201710415086_Ahmad Fauzi_BAB V.pdf Download (93kB) |
|
Text
201710415086_Ahmad Fauzi_Daftar Pustaka.pdf Download (291kB) |
|
Text
201710415086_Ahmad Fauzi_lampira.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kelas virtual (virtual classroom) merupakan program pembelajaran jarak jauh yang memungkinkan proses belajar mengajar di kelas dapat dilakukan secara daring dengan kelas lain dengan lokasi yang berjauhan. Program ini dapat terjadi karena kemunculan jaringan internet dan komputerisasi. komunikasi berbasis komputer atau computer-mediated communication dapat berbentuk interaksi melalui email, mengunggah pertanyaan atau jawaban pada forum diskusi daring, atau berupa obrolan yang terjadi pada ruang virtual. Pola komunikasi juga diartikan sebagai sebuah proses komunikasi yang komponennya saling berkaitan satu sama lain. Ini merupakan sebuah bentuk dari hubungan antara dua orang atau lebih dalam proses pengiriman dan penerimaan pesan dengan cara yang efektif agar dapat dipahami. Pola komunikasi di Urro Academy adalah Computer Mediated Communication atau biasa disingkat CMC dalam bahasa Indonesia dapat diterjemahkan menjadi komunikasi berbasis komputer atau computermediated communication. Berbicara mengenai CMC, maka tentu akan berbicara mengenai internet karena pola CMC berkembang dengan pesat seiring perkembangan jaringan internet saat ini, karena CMC selalu didukung oleh fasilitas jaringan internet tersebut. Urro Academy memilih pola komunikasi primer karena pola komunikasi primer sangat membantu dalam pengembangan Urro Academy yang dilakukan secara virtual. Urro Academy menggunakan pola komunikasi secara virtual dengan cara memperlihatkan Video pembelajaran Videografi dan Film kepada member untuk bahan pembelajaran saat zoom meeting. Pola komunikasi sekunder yang terjadi antar member dan mentor dengan menggunakan aplikasi chat telegram. Pola komunikasi linear pada kelas Urro Academy yaitu dengan menyediakan video pembelajaran yang ada pada website Urro Academy. Video pembelajaran tersebut hanya bisa ditonton oleh member video tanpa bisa memberikan feedback. Komunikasi sirkular yang terjadi pada Urro Academy dilakukan pada saat sharing zoom yang dilakukan secara berkala.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme Ilmu Sosial > Komunikasi Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation |
Divisions: | Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 05:31 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 05:31 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/27545 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year