Putra, Daffa Rizky Rahardian (2023) Budaya Partisipatif Pada Tagar #LokalTakGentar Di Media Sosial (Studi Deskriptif Kualitatif Partisipasi Pengguna Instagram Pada Tagar Yang Digunakan Merek Sepatu Lokal Aerostreet). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201810415249_Daffa Rizky Rahardian Putra_Cover - Daftar isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
201810415249_Daffa Rizky Rahardian Putra_BAB I.pdf Download (347kB) |
|
Text
201810415249_Daffa Rizky Rahardian Putra_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (826kB) |
|
Text
201810415249_Daffa Rizky Rahardian Putra_BAB V.pdf Download (195kB) |
|
Text
201810415249_Daffa Rizky Rahardian Putra_Daftar Pustaka.pdf Download (409kB) |
|
Text
201810415249_Daffa Rizky Rahardian Putra_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi komunikasi telah membawa perubahan di bidang komunikasi. Munculnya budaya partisipatif diawali oleh tagar yang digunakan oleh suatu merek dagang yaitu Aerostreet yang tersebar di media sosial karena adanya keterlibatan dari para pengguna di Instagram. Pengguna Instagram yang menggunakan tagar #LokalTakGentar menunjukkan adanya sebuah budaya partisipatif di media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk elemen-elemen yang muncul dalam budaya partisipatif pada tagar #LokalTakGentar di media sosial Instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan model etnografi virtual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Budaya partisipasi pada aktivitas pengguna Instagram dengan tagar #LokalTakGentar teridentifikasi dalam tiga bentuk yang diantaranya ekspresi, kolaborasi pemecah masalah, dan sirkulasi. Pada bentuk ekspresi aktivitas yang muncul berupa upload foto atau video dengan tema dan tujuan yang berbeda. Pada bentuk kolaborasi pemecahan masalah muncul aktivitas berupa dukungan secara tidak langsung terhadap produk lokal dan pesan dari tagar #LokalTakGentar itu sendiri. Pada partisipasi sirkulasi aktivitas yang muncul berupa sharing dengan menyebarluaskan konten pada Instagram ke sosial media lain yang mereka miliki. Akan tetapi pada bentuk partisipasi afiliasi, aktivitas komunikasi yang terjadi diantara pengguna tagar #LokalTakGentar ini tidak berlangsung secara aktif seperti dalam komunikasi kelompok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme Ilmu Sosial > Komunikasi Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation |
Divisions: | Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 05:32 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 05:32 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/27568 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year