Salsabila, Aisyah (2023) Peran Customer Relation Officer (CRO) dalam Menangani Krisis (Studi Kasus pada warehouse PT. Zhisheng Pasific Trading (Mixue) di Cikarang). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201910415025_Aisyah Salsabila_Cover - Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
201910415025_Aisyah Salsabila_BAB I.pdf Download (710kB) |
|
Text
201910415025_Aisyah Salsabila_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (971kB) |
|
Text
201910415025_Aisyah Salsabila_BAB V.pdf Download (98kB) |
|
Text
201910415025_Aisyah Salsabila_Daftar Pustaka.pdf Download (219kB) |
|
Text
201910415025_Aisyah Salsabila_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Peran CRO pada umumnya hampir sama dengan humas, yaitu mempertahankan citra positif sebuah perusahaan, tetapi peran CRO pada PT. Zhisheng Pasific Trading (Mixue) juga merangkap sebagai divisi penanganan krisis. Dalam penelitian ini, peristiwa yang terjadi adalah penanganan krisis yang berupa surat somasi yang dikeluarkan oleh salah satu owner Mixue toko di Tangerang. Penelitian ini berfokus pada peran CRO dalam menangani kasus somasi tersebut melalui strategi manajemen krisis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran CRO dalam menangani krisis yang terjadi pada PT. Zhisheng Pasific Trading (Mixue). Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, studi kepustakaan, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti telah berhasil melakukan wawancara kepada divisi CRO dari PT. Zhisheng Pasific Trading. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah yang digunakan warehouse Mixue dalam menangani krisis terdiri dari Pre Crisis, Crisis dan Post Crisis. Dari ketiga langkah ini, warehouse Mixue telah menjalankan semuanya, tetapi data temuan di lapangan menunjukkan bahwa masalah somasi tersebut bersumber dari pihak eksternal yaitu pihak ekspedisi. Kendati begitu, warehouse Mixue telah melakukan langkah yang tepat dalam tindakan pencegahan, bagaimana menangani krisis yang sedang terjadi dan bagaimana langkah-langkah pasca kejadian yang dialami warehouse Mixue agar krisis tidak terjadi dikemudian hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme Ilmu Sosial > Komunikasi Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation |
Divisions: | Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 04:45 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 04:45 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/28150 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year