Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Ibanes, Annisa (2023) Personal Branding Content Creator @adhityappeo di Media Ssoial TikTok. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910415380_Annisa Ibanes_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201910415380_Annisa Ibanes_BAB I.pdf

Download (455kB)
[img] Text
201910415380_Annisa Ibanes_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
201910415380_Annisa Ibanes_BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Text
201910415380_Annisa Ibanes_Daftar Pustaka.pdf

Download (312kB)
[img] Text
201910415380_Annisa Ibanes_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Adanya internet mengakibatkan semakin banyaknya kemunculan mediamedia baru salah satunya media sosial. Media sosial mempunyai peranan penting di kehidupan masyarakat, sehingga melalui media sosial juga memunculkan profesi baru yaitu content creator. Tiktok memberikan kemudahan untuk para masyarakat yang ingin memulai karirnya menjadi content creator. Untuk menjadi content creator dalam mempertahankan eksistensinya di media sosial TikTok, perlu membangun personal branding yang baik agar konten yang dibuat selalu diterima oleh masyarakat khususnya pengguna TikTok. Adhitya Fariz Hakim berhasil membangun personal branding pada akun TikTok @adhityappeo dan di kenal sebagai content creator hiburan dengan branding "Yappeo". Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi personal branding @adhityappeo di media sosial TikTok dengan menggunakan 11 kriteria Authentic Personal Branding Hubert K. Rampersad. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi melalui akun TikTok @adhityappeo, wawancara dengan informan, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan yaitu akun TikTok @adhityappeo berhasil membentuk brandingnya melalui salah satu kontennya yaitu Bahasa Yappeo dan sampai saat ini ia dikenal dengan nama Adhitya Yappeo karena keunikan yang diciptakannya melalui konten tersebut sehingga membuatnya berbeda dengan content creator lainnya. Strategi dari akun @adhityappeo dalam membangun personal branding yaitu dengan konsistensi konten-konten yang dibuatnya terhadap tren yang sedang populer sehingga eksistensinya tetap terjaga di media sosial TikTok. Selain itu, akun TikTok @adhityappeo berhasil memenuhi 3 dari 11 kriteria authentic personal branding yang dikemukakan oleh Hubert K. Rampersad yaitu Keautentikan (Authenticity), Konsistensi (Consistency), dan Ketekunan (Persistence).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme
Ilmu Sosial > Komunikasi
Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:46
Last Modified: 25 Mar 2024 04:46
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/28167

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year