Agustine, Caroline Ruth (2023) Pengalaman Komunikasi Pengacara Dalam Membangun Interpersonal Trust Kasus Perceraian Pada Klien. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201910415294_Caroline Ruth Agustine_Cover - Daftar Isi.pdf Download (3MB) |
|
Text
201910415294_Caroline Ruth Agustine_BAB I.pdf Download (676kB) |
|
Text
201910415294_Caroline Ruth Agustine_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (911kB) |
|
Text
201910415294_Caroline Ruth Agustine_BAB V.pdf Download (505kB) |
|
Text
201910415294_Caroline Ruth Agustine_Daftar Pustaka.pdf Download (393kB) |
|
Text
201910415294_Caroline Ruth Agustine_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penyelesaian kasus perceraian di pengadilan tentunya membutuhkan bantuan hukum dari pengacara atau penasihat hukum. Untuk proses pendampingan tersebut pengacara dengan klien harus saling terbuka sehingga dibutuhkan komunikasi yang baik antara pengacara dan klien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengalaman komunikasi pengacara dengan klien pada kantor hukum RPS & Partners dan untuk mengetahui bagaimana upaya pengacara kantor hukum RPS & Partners dalam membangun interpersonal trust kepada klien. Konsep yang digunakan pada penelitian ini yaitu Pengalaman Komunikasi Menurut Yadani (2017) dan Interpersonal Trust menurut Rottenberg (2010) Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode fenomenologi dengan jenis penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam dengan tiga informan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman komunikasi pengacara pada kantor hukum Redol Panjaitan-Sitepu & Partners dikategorikan dua pengalaman yaitu pengalaman komunikasi positif dan pengalaman komunikasi negatif yang didasari dengan sebuah interaksi, makna, simbol. Ketiga komponen tersebut memiliki dampak positif dan negatif yaitu berupa kepatuhan, sanggahan, kesopanan, dan interaksi pengacara mendapatkan respon yang baik dari klien sehingga memiliki positif dimana timbulnya keakraban dan negatif yaitu klien memberikan respon yang kurang efektif. Dan untuk membangun interpersonal trust sehingga pengacara kantor hukum RPS & Partners membangun kepercayaan klien dengan tiga perspektif yaitu keterandalan, kejujuran, dan mengelola emosi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme Ilmu Sosial > Komunikasi Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation |
Divisions: | Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 04:47 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 04:47 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/28182 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year