Maharani, Denisha (2023) Strategi Direct Communication Humas Polres Metro Bekasi Kota Kepada Warga Kota Bekasi Dalam Menyosialisasikan Kebijakan PPKM di Masa Pandemi COVID-19 Periode Juni-Desember 2021. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201710415009_Denisha Maharani_Cover - Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
201710415009_Denisha Maharani_BAB I.pdf Download (197kB) |
|
Text
201710415009_Denisha Maharani_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
|
Text
201710415009_Denisha Maharani_BAB V.pdf Download (159kB) |
|
Text
201710415009_Denisha Maharani_Daftar Pustaka.pdf Download (165kB) |
|
Text
201710415009_Denisha Maharani_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Sepanjang Covid 19 komunikasi langsung antar individu maupun masyarakat dengan instansi sangat terbatas karena diterapkannya kebijakan Covid 19 seperti PPKM yang membatasi gerak masyarakat untuk berinteraksi. Di sisi lain pemerintah melalui Humas Polres berkepentingan untuk mensosialisasikan kebijakan PPKM secara langsung sehingga memerlukan strategi yang tepat agar komunikasi langsung (direct communication) dapat dilakukan kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi direct communication Humas Polres Metro Bekasi Kota kepada warga kota Bekasi dalam menyosialisasikan kebijakan PPKM di Masa Pandemi COVID-19 Periode Juni-Desember 2021. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari wawancara dengan key informan dan informan. Hasil penelitian diperoleh bahwa strategi direct communication Humas Polres Metro Bekasi Kota kepada warga kota Bekasi dalam menyosialisasikan kebijakan PPKM di masa Covid 19 dilakukan dengan woro-woro berkeliling kota Bekasi, mendatangi atau sidak ke pasar-pasar, membuat wastafel sebagai sarana kampanye, membagikan masker dan memanfaatkan media sosial seperti instagram, twitter, WA. Adapun pesan sosialisasi yang disampaikan secara terus menerus Humas Polres Metro Bekasi menekankan pada disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid 19. Kendala yang dihadapi Humas Polres Metro Bekasi Kota selama sosialisasi kebijakan PPKM berasal dari kendala internal dan kendala eksternal. Kendala internal bersumber dari keterbatasan Sumber Daya Manusia di lapangan yang memiliki kompetensi dalam kegiatan komunikasi. Kendala eksternal bersumber dari masyarakat yang heterogen sehingga timbul perbedaan dalam menerima pesan kebijakan PPKM Covid 19
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme Ilmu Sosial > Komunikasi Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation |
Divisions: | Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 04:47 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 04:47 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/28190 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year