Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Adelina, Fathya (2023) Pola Komunikasi Guru TK Dalam Implementasi Program Sekolah Enuma di Kota Bekasi (Studi Deskriptif pada TKIT Al Iman Kota Bekasi). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910415342_Fathya Adellina_Cover -Daftar Isi.pdf

Download (519kB)
[img] Text
201910415342_Fathya Adellina_BAB I.pdf

Download (369kB)
[img] Text
201910415342_Fathya Adellina_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201910415342_Fathya Adellina_BAB V.pdf

Download (128kB)
[img] Text
201910415342_Fathya Adellina_daftar Pustaka.pdf

Download (231kB)
[img] Text
201910415342_Fathya Adellina_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi digunakan dalam berbagai macam aspek kehidupan, tak terkecuali aspek pendidikan. Pendidikan saat ini sudah berkembang dengan sangat pesat akibat adanya dampak dari kemajuan teknologi di zaman sekarang. Komunikasi dan pendidikan dalam banyak hal memiliki kesamaan, jika dilihat dari unsurunsurnya, maupun proses tindakannya. Dampak dari kemajuan pendidikan saat ialah program digitalisasi atau pembelajaran secara digital. Salah satu visi misi dari Indonesia di tahun 2045 ialah terciptanya sumber daya manusia yang produktif dan menguasai perkembangan teknologi. TKIT Al Iman yang ada di Kota Bekasi merupakan salah satu lembaga pendidikan yang sudah menerapkan metode pembelajaran digital kepada para siswanya dengan menggunakan program Sekolah Enuma. Pada metode pembelajaran digital ini juga erat hubungannya dengan pola komunikasi yang dibangun oleh guru terhadap siswa agar siswa dapat mengerti pesan apa yang akan disampaikan oleh guru terhadapnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi guru TK terhadap pembelajaran digital pada anak usia dini melalui program Sekolah Enuma dengan menjabarkannya melalui tiga unsur komunikasi, yaitu pola komunikasi satu arah, dua arah, dan multi arah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode deskriptif, menggunakan teori konstrusivisme, dan memakai konsep dari Vygotsky terkait dengan pembelajaran digital. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa metode dalam pembelajaran digital menggunakan pola komunikasi satu arah dan pola komunikasi dua arah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme
Ilmu Sosial > Komunikasi
Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:49
Last Modified: 25 Mar 2024 04:49
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/28217

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year