Shidqii, Iinaas Affaf (2023) Strategi Komunikasi Pengurus Lembaga Sosial Dalam Menarik Minat Donatur (Studi Deskriptif Lembaga Peduli Pendidikan Anak Dhuafa Kaliabang Tengah). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201910415386_Iinaas Affaf Shidqii_Cover - Daftar Isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
201910415386_Iinaas Affaf Shidqii_BAB I.pdf Download (191kB) |
|
Text
201910415386_Iinaas Affaf Shidqii_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
201910415386_Iinaas Affaf Shidqii_BAB V.pdf Download (175kB) |
|
Text
201910415386_Iinaas Affaf Shidqii_Daftar Pustaka.pdf Download (176kB) |
|
Text
201910415386_Iinaas Affaf Shidqii_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Lembaga Peduli Pendidikan Anak Dhuafa (PPAD) ini merupakan lembaga sosial yang bergerak dalam memperdulikan dan membina anak-anak dhuafa serta yatim piatu KP Baru khususnya perihal pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi komunikasi pengurus lembaga PPAD dan apa yang menjadi hambatan dalam penerapan strategi komunikasi dalam menarik minat donatur. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi dari metode Anwar Arifin. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi pengurus lembaga PPAD dalam menarik minat donatur yakni : 1) Menentukan komunikator adalah pelaku utama dalam sebuah komunikasi yang mana ia mampunyai kapasitas pengetahuan lebih luas mengenai PPAD sehingga pesan yang disampaikan dapat tersampaikan, berjalan secara jelas, dan teratur. 2) Mengenal khalayak adalah adanya komunikasi secara face to face untuk saling mengenali antara komunikator dengan komunikan dengan mencermati kondisi penangkapan dan pengetahuan khalayak. 3) Penyusunan pesan adalah pengemasan pesan yang dirangcang untuk disampaikan agar mudah di pahami dengan pesan yang berisfat informatif, persuasif, dan edukatif. 4) Menetapkan metode adalah adanya upaya untuk mencapai efektifitas seperti melakukan sosialisasi, melakukan pendekatan, menyebarkan kotak amal dan kenclengan, membagikan barcode Qris, menggunakan brosur atau stiker, menggunakan media sosial, dan memposting konten rutin senin jum’at. Dari menetapkan metode tersebut pengurus menggunakan redundancy yang mana pesan disampaikan berulang-ulang untuk mudah diingat oleh masyarakat. Adapun ditemukannya hambatan dalam penerapan strategi komunikasi seperti hambatan dalam proses penyampaian karena komunikator kesulitan dalam menyampaikan pesan atau tidak menguasai materi dan hambatan semantik karena penggunaan bahasa yang terlalu teknis dan formal sehingga sulit dipahami.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme Ilmu Sosial > Komunikasi Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation |
Divisions: | Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 04:51 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 04:51 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/28236 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year