Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Azzahra M, Sylvira Andrea (2023) Perencanaan Pesan Dalam Pengelolaan Media Sosial Instagram Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910415214_Sylvira Andrea Azzahra_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
201910415214_Sylvira Andrea Azzahra_BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
201910415214_Sylvira Andrea Azzahra_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
201910415214_Sylvira Andrea Azzahra_BAB V.pdf

Download (101kB)
[img] Text
201910415214_Sylvira Andrea Azzahra_Daftar Pustaka.pdf

Download (364kB)
[img] Text
201910415214_Sylvira Andrea Azzahra_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai perencanaan pesan dalam pengelolaan media sosial InstagramDirektorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara yang meliputi tahap penelitian, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan untuk memberikan pelayanan informasi publik menggunakan kode etik dari badan peradilan. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ditjen Badilmiltun memiliki akun Instagram bernama @ditjenbadilmiltun untuk memberikan pelayanan informasi publik. Berdasarkan perwujudan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor 2-144/KMA/SK/VIII/2022 Tentang Standar Pelayanan Informasi Publik, adalah sarana untuk mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara untuk menjalankan pemerintahan yang baik. Sayangnya, Instagram @ditjenbadilmiltun dikelola oleh bagian kepegawaian yang tidak memiliki ilmu dan pengetahuan yang mumpuni dalam bidang komunikasi. Karena itu, pengelolaan Instagram @ditjenbadilmiltun menerapkan perencanaan pesan dalam pengelolaannya dengan menggunakan model perencanaan pesan lima langkah menurut Cangara (2014), yang terdiri dari penelitian, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan dengan menyesuaikan pada kode etik badan peradilan guna memberikan jasa sebaik-baiknya sebagai landasan tingkah laku yang terdiri dari transparansi, akuntabilitas, kemandirian, integritas, profesionalisme, dan religiusitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme
Ilmu Sosial > Komunikasi
Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:55
Last Modified: 25 Mar 2024 04:55
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/28306

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year