Mangundjaya, Wustari L (2012) PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI VERSUS KEPUASAN KERJA DAN PERANNYA TERHADAP PERILAKU KEWARGANEGARAAN ORGANISASI. Jurnal Psikologi Undip (JPU), 11 (2).
Text
Persepsi dukungan organisasi versus kepuasan kerja dan perannya terhadap perilaku kewarganegaraan organisasi.pdf Download (371kB) |
Abstract
Abstrak: Peran serta karyawan sangat penting bagi efektivitas organisasi.Dalam hal ini, karyawan yang dimaksud adalah karyawan yang tidak hanya handal, tetapi juga memiliki loyalitas dan komitmen, serta bersedia untuk memberikan kinerja lebih bagi organisasi, atau biasa disebut dengan Perilaku Kewarganegaraan Organisasi (PKO−Organizational Citizenship Behavior).Untuk itu, perlu mengetahui mengenai variabel yang dapat meningkatkan perilaku kewarganegaraan organisasi, karena dengan karyawan memiliki PKO yang tinggi maka hal ini akandapat membantu organisasi dalam beradaptasi dengan lingkungan (Organ, 2006). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh persepsi terhadap dukungan organisasi dan kepuasan kerja terhadap PKO. Penelitian ini dilakukan pada karyawan yang bekerja di lembaga keuangan (N=203), dengan menggunakan 3 jenis skala pengumpulan data yaitu Persepsi Dukungan Organisai (POS), Kepuasan Kerja, dan Perilaku kewarganegaraan Organisasi (PKO). Analisis dilakukan dengan menggunakan Korelasi Berganda.Dari penelitian diperoleh hasil yang menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan dari kepuasan kerja terhadap PKO (r=0,19; p<0,01), dan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi terhadap Dukungan Organisasi pada PKO (r=0,05; p>0,05). Berdasarkan hasil tersebut, tampak bahwa kepuasan kerja merupakan prediktor dan memiliki peran yang lebih penting terhadap PKOdibandingkan dengan persepsi terhadap dukungan organisasi Abstract Human resources are very important to the organization. What it means in here, is employee who are willing to performas best as they can, even more than it requested by the organization (Organizational Citizenship Behavior−OCB). In this regard, identifying variables that able to enhance the OCB is needed, as employees who had high OCB, will enable the organization to adapt to the environment(Organ, 2005). The objective of this research is to identify the role and contribution of Perceived Organizational Supports and Job Satisfaction to OCB. This study was done at financial institutions with203 respondents, using 3 different scales namely: Job Satisfaction, Organizational Citizenship Behavior (OCB), and Perceived Organizational Support (POS). The results showedthat Job Satisfaction has positive and significant contribution to Organizational Citizenship Behavior(r=0.19, p<0.01),while Perceived Organizational Supports have no significant correlation and contribution to the Organizational Citizenship Behavior(r=0.05, p>0.05). Based on the results, it showed that Job Satisfaction can be called as the predictor for Organizational Citizenship Behavior, and has more important role to OCB compared to POS
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Kerja, Perilaku Kewarganegaraan Organisasi, dan Persepsi terhadap Dukungan Organisasi |
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mangundjaya Wustari Larasati |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 04:42 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 04:42 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/29432 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year