Aryanto, Sani and Markum, Markum and Pratiwi, Vira and Husadha, Cahyadi (2019) PEER REVIEW_Ecobrick sebagai Sarana Pengembangan Diri Berbasis Ecopreneurship di Sekolah Dasar. Dwija Cendikia Universitas Sebelas Maret, Universitas Sebelas Maret.
Text
1. Ecobrick_Peer Review_Sani Aryanto.pdf Download (810kB) |
Abstract
Ecobrick adalah bentuk interpretasi pengembangan konsep ecopreneurship di Sekolah Dasar (SD) dan dianggap sebagai upaya preventif dan kuratif dalam mengantisipasi permasalahan sampah yang terjadi di Indonesiai, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran pengembangan program ecobrick di SD sebagai sarana internalisasi nilai-nilai ecopreneurship sejak dini. Pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif yang telah dilakukan memberikan gambaran bahwa konsep ecoprenuership dipandang tepat diajarkan di SD dikarenakan secara teknis mudah dilakukan dan tidak terlalu rumit. Setiap siswa SD diharapkan mampu mengaktualisasikan kemampuannya dalam membuat, mengembangkan, dan mengkreasikan ecobrick menjadi barang-barang yang memiliki nilai guna dan jual. Oleh karena itu, konsep ini dipandang representatif dan inovatif dalam membuat program pengembangan diri yang dapat dijadikan sarana internalisasi nilai-nilai ecopreneurship di SD. Kata Kunci: ecobrick, ecopreneurship, sekolah dasar
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Peer Review |
Depositing User: | Sani Aryanto |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 08:30 |
Last Modified: | 20 Jul 2020 08:30 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/3284 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year