Nopi Anggreani Putri, Nopi Anggreani Putri and Drs. Nasaruddin Siregar, M.Si, Nasaruddin Siregar and Aryadillah, S.Sos.I, MM., M.I.Kom, Aryadillah (2020) Pengalaman Komunikasi Pengasuh Dalam Menangani Pasien Gangguan Jiwa Di Panti Rehabailitas Disabilitas Al-Fajar Berseri (Studi Fenomenologi Pengasuh Dalam Menangani Pasien Gangguan Jiwa Di Rehabilitas Disabilitas Al-Fajar Berseri, Kampung Pulo Desa Sumberjaya Tambun Selatan). In: Jejak Komunikasi Pada Era Kontemporer Dari Sudut Pemikiran dan Riset. Ubhara Jaya Press, pp. 238-249. ISBN 978-979-9233-87-5
Text (Chapter Book Jejak Komunikasi Pada Era Kontemporer)
238-249.pdf Download (274kB) |
Abstract
ABSTRAK Panti Rehabilitasi Disabilitas Al-Fajar Berseri yang menangani pasien gangguan jiwa yang tidak memiliki latar belakang pendidikan, sehingga harus mengandalkan pengalaman komunikasi yang dimiliki masing-masing pengasuh. Penelitian ini membahas mengenai pengalaman komunikasi pengasuh dalam menangani pasien gangguan jiwa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori interaksi simbolik. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam menangani pasien gangguan kejiwaan yang cukup sulit karena keterbatasan mental dan memiliki emosional yang berbeda dengan orang-orang normal pada umumnya. Dengan ini, dibutuhkan pengasuh yang memiliki kesabaran, ketulusan dan keikhlasan dalam menangani pasien. Selanjutnya komunikasi secara berulang-ulang yang memotivasi dan memberikan semangat untuk pulih bagi pasien gangguan kejiwaan di Panti AL-Fajar Berseri. Kata Kunci: Pengalaman Komunikasi, Pengasuh, Interaksi Simbolik, Pasien Gangguan Jiwa.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Fakultas Ilmu Komunikasi UBJ |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 01:51 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 01:51 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/3408 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year