Susiyanto, Susiyanto (2008) Analisis Pengaruh Kepemimpinan dan Pelatihan Terhadap Mutu Pelayanan Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Tebet. Masters thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
|
Text
6241005_Susiyanto_Magister Manajemen_2008.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (48MB) |
Abstract
Faktor kepemimpinan dalam suatu organisasi merupakan faktor penting karena dapat mengarahkan dan mempengaruhi aktivitas yang berkaitan dengan tugas dari para anggota kelompok. Apa yang dilakukan pemimpin terhadap bawahannya akan mempengaruhi pencapaian kinerja yang telah digariskan. Disamping itu, kemampuan organisasi untuk menciptakan keunggulan bersaing juga ditentukan oleh kualitas sumberdaya manusia yang dimiliki. Kualitas sumberdaya manusia dalam organisasi akan tergantung dari input sumberdaya sendiri dan proses belajar (learning process) yang dilalui dalam organisasi. Permasalahannya adalah, apakah dengan kepemimpinan dan pelatihan yang efektif dapat menimbulkan motivasi para pegawai untuk meningkatkan mutu pelayanan? Penelitian mengenai pengaruh kepemimpinan clan pelatihan terhadap mutu pelayanan merupakan usaha untuk mengetahui bagaimanakah relevansi antara faktor kepemimpinan dan pelatihan baik secara sendiri-sendiri atau secara bersama-sama terhadap mutu pelayanan. Analisis data dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama adalah analisis pendahuluan, dan tahap kedua analisis lanjutan. Analisis pendahuluan merupakan analisis deskriptif setiap variabel pada sampel untuk mengetahui karakteristik setiap variabel pada sampel dan menentukan alat analisis pada analisis lanjut. Alat-alat analisis yang dipakai adalah (1) tabel distribusi frekuensi sederhana, (2) diagram statistik, (3) ukuran tendensi pusat, dan (4) disversi yang menggambarkan variasi. Analisis lanjutan bertujuan untuk menguji hipotesis, seberapa jauh hipotesis yang telah dirumuskan semula dapat diterima. Objek analisis yang diteliti sebagai populasi dalam penelitian ini adalah staf pendukung pelayanan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Tebet yang terdiri dan i 38 orang pegawai. Karakteristik dari populasi sebanyak 38 orang tersebut adalah homogen, artinya semua staf pendukung pelayanan berstatus tetap, sehingga mendapatkan perlakuan yang sama dari pihak manajemen instansi. Memperhatikan karakteristik yang relatif homogen dan jumlahnya tidak terlalu besar, maka seluruh anggota populasi oleh peneliti dijadikan objek penelitian atau menggunakan sampel jenuh dimana seluruh anggota populasi menjadi sampel. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel kepemimpinan dan pelatihan secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh sangat signifikan terhadap mutu pelayanan pegawai di Kantor Pelayanan Pajalc Pratama Jakarta Tebet. Hasil analisis diperoleh nilai F hitung sebesar 32,838 dengan signifikansi 0,000. Pengaruh efektif seluruh variabel bebas (kepemimpinan dan pelatihan) terhadap mutu pelayanan pegawai adalah sebesar 65,20%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kepemimpinan (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap mutu pelayanan. Hal itu dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 6,598 dan probabilitas signifikansi (p) 0,000 pada a = 0,05. Koefisien detenninasi (R2) atatt pengaruh kepemimpinan terhadap mutu pelayanan secara parsial adalah sebesar 54,70%. Hal yang sama juga menunjukkan bahwa pelatihan (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap mutu pelayanan. Pengaruh ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 4,514 dengan probabilitas signifikan 0,000 pada taraf signifikansi 0,05. Nilai koefisien pengaruh pelatihan (R2) terhadap mutu pelayanan adalah sebesar 36,10%.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing I: Prof. Drs. Koesparmono Irsan, SH., MBA., MM., Pembimbing II: Drs. Sujiyo Miranto, MPd |
| Subjects: | Manajemen > Manajemen SDM |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen |
| Depositing User: | Admin Administrator Administrator |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 02:02 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 02:02 |
| URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/37025 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year
