Permana, R. Gana (2008) Analisis Persepsi Kemampuan Teknik Dan Komunikasi Terhadap Kualitas Pelayanan Di Kantor Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Masters thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
|
Text
52361021_R. Gana Permana_Magister Manajemen_2008.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (91MB) |
Abstract
Perspektif terhadap pelayanan prima pegawai instansi pemerintah tidak terlepas dengan kepaasan publik atas jasa pelayanan yang diberikan oleh petugas intansi pemerintah. Kepuasan publik merupalcan tolok ukur keberhasilan kinerja dan kualitas pegawai dalam menjalankan tugasnya. Kinerja organisasi yang berhubungan dengan masyarakat belum dapat dikatakan baik atau memadai apabila tidak disertai dengan peningkatan pelayanan, hal ini juga dikarenakan hidup matinya penyedia jasa pelayanan tergantung kepada masyarakat (public), sehingga peningkatan mutu sumber daya manusia pada sisi pelayanan adalah hal yang perlu untuk mendapatkan perhatian. Peningkatan mutu sumber daya manusia dalam hal pelayanan salah satunya adalah faktor kemampuan teknik dan komunikasi yang dimiliki petugas layanan. Kemampuan teknik yang dimiliki petugas layanan memberilcan pengaruh yang cukup nyata bagi keberhasilan petugas layanan dalam melalcsanakan tugasnya. Hal ini dikarenakan dengan adanya kemampuan teknik maka seorang pegawai mampu melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Disamping kemampuan teknik, factor lain yang dapat berpengaruh nyata adalah komunikasi petugas layanan dalam memberikan informasi dan melakukan interaksi dengan pelanggan (masyarakat). Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan teknik dan komunikasi secara bersama-sama terhadap kualitas pelayanan serta untuk mengetahui variabel mana yang lebih berpengaruh antara kemampuan teknik dengan komunikasi terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Tambun Selatan Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan kepada responden. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian berjumlah 58 orang dan termasuk penelitian populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan teknik dan komunikasi secara bersama-sama terhadap kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Tarnbun Selatan Kabupaten Bekasi. Pengaruh ini dapat dilihat pada basil analisis uji hipotesis ketiga dengan menggunakan uji F. Dimana nilai F hitting lebih besar dari F tubel (F hitung= 79,900> Fsign, = 0,000). Kualitas pelayanan sangat ditentukan oleh adanya kemampuan teknik seseorang dalam menjalankan tugas pelayananya serta kemampuan berkomunikasi secara baik. Selain itu kinerja seseorang dalam tugas pelayanan ditentukan oleh kemampuan berkomunikasi yang baik. Dengan demikian suatu kondisi yang memungkinkan terciptanya suatu kualitas pelayanan yang efektif di instansi pemerintahan sangat diperlukan. Kondisi yang diperlukan itu hams menjadi perhatian pemimpin untuk bertanggung jawab dalam mengarahkan pegawainya untuk terus meningkatkan kemampuan baik secara teknis maupun dalam mengaplikasikan semua kemampuannya secara tepat sesuai situasi dan kondisi agar mampu rnendorong penncapaian tujuan yang telah ditetapkan secara optimal.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing I: Drs. Logan Siagian, MH., Pembimbing II: Drs. Sujiyo Miranto, MPd |
| Subjects: | Manajemen > Manajemen SDM |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen |
| Depositing User: | Admin Administrator Administrator |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 02:03 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 02:03 |
| URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/37224 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year
