Sugiharto, Sugiharto (2008) Analisis Pengaruh Laba Bersih, Pendapatan Penjualan Iklan Dan Audience Share Terhadap Harga Saham PT. Indosiar Visual Mandiri, Tbk. Masters thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
|
Text
62561020_Sugiharto_Magister Manajemen_2008.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (78MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh antara variable bebas laba bersih, pendapatan iklan dan audience share terhadap harga saham PT Indosiar Visual Mandir Tbk baik secara parsial maupun secara simultan. Selain itu pula penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang terjadi antara ketiga variabel bebas tersebut dengan harga saham perusahaan. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui variabel bebas manakah yang memiliki pengaruh terkuat terhadap harga saham PT Indosiar Visual Mandiri Tbk. Desain penelitian sendiri bersifat asosiatif yang menguji hubungan antara variabel bebas terhadap variabel terikat, serta bersifat verifikatif karena penelitian juga menguji pembuktian hipotesis. Data yang diperoleh bersifat data sekunder, yaitu didapat melalui laporan keuangan triwulanan mencakup neraca dan rugi laba perusahaan selama kurun waktu 2002 — 2006. Sehingga sampel dalam studi kali ini berjumlah sebanyak 20 periode tahunan (n = 20). Sedangkan metode analisis data yang digunakan mencakup analisis korelasi berganda, tinier regresi berganda serta uji t signifikansi dan uji F Anova. Proses analisis data sendiri dilakukan melalui bantuan program statistik SPSS versi 11.00 for windows. Dari hasil penelitian melalui uji korelasi berganda didapatkan bahwa nilai koefisien korelasi berganda (R) yang didapatkan adalah sebesar 0,745 dan nilai koefisien determinan atau R Square sebesar 0,555. Dan i hasil tersebut menunjukkan bahwa secara bersama-sama ketiga variable bebas laba bersih, pendapatan iklan, dan audience share memiliki pengaruh positif dan relatif signifikan terhadap harga saham PT Indosiar Visual Mandiri Tbk. Dan i hasil uji tinier regresi berganda yang terbentuk menunjukkan bahwa model garis linier regresi berganda dinyatakan layak (fit) karena memenuhi asumsi yang ditetapkan, mencakup uji asumsi normalitas, multikolinieritas, heterokedastisitas dan autokorelasi Durbin Watson. Dari hasil uji hipotesis secara simultan melalui uji F Anova membuktikan bahwa hipotesis penelitian (Ha) diterima yang mana ada pengaruh positif signifikan antara laba bersih, pendapatan iklan dan audience share secara bersama-sama terhadap harga saham PT Indosiar Visual Mandiri Tbk ditunjukkan nilai F hitung > F tabel : 22,252 > 3,24 dan signifikansi sebesar 0,001 < signifikansi taraf nyata 0,05. Sedangkan hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa masing-masing variabel bebas memiliki pengaruh yang positif relatif signifikan antara laba bersih, pendapatan iklan dan audience share terhadap harga saham PT Indosiar Visual Mandiri Tbk. Hal tersebut ditunjuklcan dengan nilai masing-masing t hitung yang lebih besar dari t tabelnya selain itu juga masing-masing nilai signifikansi yang diperoleh dari perhitungan juga masih lebih kecil dari signifikasi taraf nyata sebesar 0,05. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Dan i uji t dapat disimpulkan bahwa audience share memiliki pengaruh terbesar, diikuti oleh variabel laba bersih dan terakhir adalah variabel pendapatan iklan.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Edison Panjaitan., Pembimbing II: Ir. Betty Nurbait, ME |
| Subjects: | Manajemen > Manajemen Keuangan |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen |
| Depositing User: | Admin Administrator Administrator |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 02:04 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 02:04 |
| URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/37232 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year
