Riza, M. Ruslan (2008) Analisis Hubungan Motivasi Kerja, Kompetensi Dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Pelayanan Karyawan Carrefour Cabang Perumahan Bukit Indah Serpong Tangerang. Masters thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
|
Text
1999361055_M. Ruslan Riza_Magister Manajemen_2008.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (60MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi kerja, kompetensi SDM dan komitmen kerja terhadap kinerja pelayanan karyawan Carrefour Cabang Perumahan Bukit Indah Serpong Tangerang. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh karyawan Carrefour Cabang Perumahan Bukit Indah Serpong Tangerang yag berjumlah 154 orang, dengan jumlah sampel yang mewakili jumlah keseluruhan populasi, penelian ini dapat dikatakan bersifat sensus. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah dengan cara membagikan kuesioner/angket kepada seluruh responden. Metode Penelitian menggunakan teknik korelasi Rank Spearman yang dilakukan untuk mengetahui keeratan hubungan antara faktor motivasi kerja, kompetensi SDM dan komitmen kerja (variabel bebas) dengan faktor kinerja pelayanan karyawan (variabel terikat), Selanjutnya didapat beberapa kesimpulan yang dapat dijelaskan sebagai berikut : Berdasarkan pengujian melalui korelasi Rank Spearman dapat dilihat bahwa variabel Motivasi kerja (Xi) menempati hubungan terbesar atau paling dominan dalam mempengaruhi kinerja pelayanan karyawan, yaitu sebesar 0,859, atau berpengaruh sebesar 73,79% dan sisanya dipengaruhi faktor lain diluar variabel yang diteliti seperti kepemimpinan, stres kerja atau kompensasi. Urutan kedua adalah variabel Komitmen Kerja (X3) di urutan kedua dengan nilai 0,785, atau berpengaruh sebesar 61,62 % terhadap kinerja pelayanan. Dan yang terakhir adalah variabel Kompetensi SDM (X2) dengan nilai 0,728 atau berpengaruh sebesar 52,99% terhadap kinerja pelayanan karyawan Carrefour. Pengujian hipotesis dengan analisis Uji T Test, variabel Motivasi kerja (Xi) kembali dominan/paling kuat berpengaruh dengan nilai 8,070, Komitmen Kerja ditempat kedua dengan nilai 4,168 dan yang terakhir adalah variabel Kompetensi SDM dengan nilai 3,763. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hubungan atau pengaruh yang ditimbulkan oleh variabel Komitmen Kerja memiliki indikasi yang relatif sangat kuat dan paling dominan apabila dibandingkan dengan variabel bebas lainnya yaitu variabel motivasi kerja dan kompetensi SDM terhadap Kinerja Pelayanan karyawan di Carrefour Cabang Perumahan Bukit Indah Serpong Tangerang.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Edison Panjaitan., Pembimbing II: Drs. Sujiyo Miranto, M.Pd. |
| Subjects: | Manajemen > Manajemen SDM |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen |
| Depositing User: | Admin Administrator Administrator |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 02:05 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 02:05 |
| URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/37239 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year
