Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Sumantyo, Franciscus Dwikotjo Sri (2008) Analisis Faktor Pelayanan Jasa Internet Terhadap Pengguna Internet Di Warnet Magnet Interaktif. Masters thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
2000861016_Franciscus Dwikotjo Sri Sumantyo_Magister Manajemen_2008.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (107MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan jaman, kebutuhan akan informasi secara global semakin dibutuhkan oleh setiap orang dalam memenangkan persaingan bisnis dan persaingan kemajuan teknologi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, setiap orang mencari sarana yang paling tepat untuk merealisasikan. Internet merupakan sarana yang paling tepat untuk merealisasikan kebutuhan tersebut. Dengan fenomena tersebut, semakin banyak dan berkembang bisnis WARNET (Warung Internet) yang mulai bermunculan. Oleh karena itu biar selalu survive dalam bisnis warnet ini, siapapun yang akan bermain dalam bisnis ini harus memenuhi kebutuhan dan keinginan pengguna internet (User) dan harus memperhatikan perilaku User internet dalam memilih suatu warnet yang mereka sukai atau gemari. Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian di Warnet Magnet Interaktif dengan judul : " Analisa Faktor Pelayanan Jasa Internet Terhadap Pengguna Internet di Warnet Interaktif ". Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tanggapan responden dalam memilih Warnet Wagnet Interaktif dan untuk mengetahui seberapa besar nilai dari faktor-faktor yang mendukung baik dominan atau tidak terhadap faktor yang ada. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian Konklusif-deskriptif yaitu penelitian dengan tujuan utamanya adalah untuk menguji hipotesis dengan mengasumsikan bahwa peneliti mempunyai pemahaman mengenai situasi masalah yang dihadapi. Dan hasil asumsinya adalah riset konklusif-deskriptif yang terencana, terstruktur dan didasarkan pada sampel yang representatif serta untuk mendeskripsikan karakteristik pasar dalam hal ini adalah pengguna internet (user) di Warnet Magnet Interaktif. Teknik pengambilan sample yang dilakukan adalah Convenience Sampling yaitu suatu metode memilih sample dan i orang atau unit yang mudah untuk dijumpai dan diakses. Jumlah sample yang dianalisa dalam penelitian ini adalah sebanyak 187 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa empat (4) faktor yang mempengaruhi tanggapan terhadap pengguna jasa internet di Warnet Magnet Interaktif adalah emphaty, tangibles, assurance dan reability. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Faktor (Component Factor Analysis) yaitu suatu metode statistik yang menganalisis faktor atau variabel-variable yang tujuan utamanya menghasilkan wakil-wakil dominan dani seperangkat variabel menjadi variabel yang lebih kecil berdasarkan hipotesis yang telah ditentukan sebelumnya. Sedangkan faktor dominan yang mempengaruhi responden dalam memilih Warnet Magnet Interaktif adalah Emphaty. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan masukan dalam menentukan kebijakan perusahaan untuk meningkatkan pemasaran jasa di nnasa mendatang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing I: Prof. Drs. Koesparmono Irsan, SH., MBA., MM., Pembimbing II: Dr. Edison Panjaitan
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Depositing User: Admin Administrator Administrator
Date Deposited: 15 Dec 2025 02:05
Last Modified: 15 Dec 2025 02:05
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/37249

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year