Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Yuniarto, Yustinus (2008) Analisis Pengaruh Supervisi Instruksional Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Promosi Jabatan Terhadap Produktivitas Mengajar Guru Pada SMP Negeri 96 Jakarta. Masters thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
2001961012_Yustinus Yuniarto_Magister Manajemen_2008.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (78MB)

Abstract

Penelitian dengan judul Pengaruh Motivasi kerja, Supervisi Instruksional Kepala Sekolah dan Promosi jabatan terhadap Produktivitas Mengajar Guru di SMPN 96 Jakarta, analisis secara parsial maupun secara berganda dengan menggunakan data 45 orang guru sebagai responden. Metodologi penelitian dengan model rgeresikorelasi berganda dan uji t. Hasil analisis diketahui bahwa ketiga variabel bebas (Supervisi Instruksional Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Promosi Jabatan) memiliki hubungan sebesar 0,941 dan pengaruh yang sangat twat yang diketahui dan i besarnya nilai koejisien determinasi (R Square) yaitu 0,886. Sedangkan, pengaruh ketiga variabel bebas Supervisi Instruksional Kepala Sekolah, Motivasi kerja dan Promosi jabatan yang secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap variasi perubahan variabel Produktivitas Mengajar Guru (Y) yaitu sebesar 88,60%. Hasil pengujian F-test, dimana diperoleh hasil bahwa F hitung lebih besar dan i F tabel (105,788 > 2,967). Sehingga hipotesis dibuktikan yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Produktivitas mengajar. Selain itu, hasil uji t, diketahui Supervisi Instruksional Kepala Sekolah, Motivasi kerja dan Promosi jabatan berpenagruh secara parsial terhadap Produktivitas mengajar. Berdasarkan pengujian dengan nilai t (t-hitung dengan t-tabel) tersebut, maka dapat disimpulkaan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara ketiga variabel bebas (Supervisi Instruksional Kepala Sekolah, Motivasi kerja dan Promosi jabatan) terhadap Produktivias mengajar para guru di SMPN 96 Jakarta. Berdasarkan hasil analisis regresi dan pengujiannya, maka dapat diketahui bahwa ketiga variabel bebas sangat mempengaruhi produktivitas mengajar. Hal tersebut tentu saja menuntut pihak pimpinan/sekolah atau pihak yang terkait agar memperhatikan faktor pendorong semangat (motivasi) melalui pemberian / pemenuhan tingkat kesejahteraan secara ekonomi dengan berbagai bentuk kompensasi, misalnya uang lembur, tunjangan, penddidikan, standar/tingkat penghasilan sesuai dengan kebutuhan ekonomi atau biaya hidupnya atau sistem kompensasi yang memadai (well paid), dan melalui penghargaan (reward and punishment), serta sangat penting pula untuk memperhatikan promosi jabatan. Kata Kunci : Pengaruh Motivasi kerja, Supervisi Instruksional Kepala Sekolah dan Promosi jabatan terhadap Produktivitas Mengajar Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing I: Prof. Drs. Koesparmono Irsan, SH., MBA., MM., Pembimbing II: Dr. Edison Panjaitan
Subjects: Manajemen > Manajemen SDM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Depositing User: Admin Administrator Administrator
Date Deposited: 15 Dec 2025 02:05
Last Modified: 15 Dec 2025 02:05
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/37250

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year