Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Sigit, Bambang (2008) Analisis Pengaruh Biaya Operasional (Produksi, Riset Dan Pemasaran) Terhadap Laba Usaha Pada PT. Kalbe Farma Periode 1999 Sampai Dengan 2007. Masters thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
2001961149_Bambang Sigit_Magister Manajemen_2008.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (43MB)

Abstract

PT. Kalbe Farma adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan yang memproduksi obat-obatan, minuman makanan kesehatan dan kemasan. Berdiri sejak tahun 1966, dengan produk pertamanya bernama Bioplacenton, obat kulit dan masih digunakan hingga kini. Perusahaan terus berkembang dan pada saat ini telah mengekspor ke negara ASEAN dan Afrika. Tumbuh dan semakin besarnya perusahaan, menuntut semakin besarnya biaya yang dikeluarkan perusahaan. PT. Kalbe Farma pun sangat serius dalam bidang riset karena keinginan manajemen untuk selalu menghadirkan inovasi produk baru. Peningkatan pada biaya produksi dan penjualan seiring dengan semakin anekanya produk perusahaan dan area pemasaran produk. Namun biaya produksi, riset dan pemasaran seberapa pun besarnya harus memberikan manfaat atau keuntungan finansial perusahaan seperti ditunjukkan pada laporan laba rugi perusahaan. Berdasar uji regresi dengan menggunakan SPSS Versi 13 diketahui besarnya koefisien R adalah + 0,979 atau 97.9% sehingga dapat dijelaskan terdapat hubungan positif yang kuat antara variabel bebas yang ada seperti biaya produksi, biaya riset dan biaya penjualan terhadap variabel terikat yaitu laba usaha sebesar 97,9%. R2 sebesar 0,959 atau 95,9% diartikan bahwa variasi perubahan penjualan pada PT Kalbe Roma dapat dijelaskan atau berasal dari variasi atau perubahan variabel bebas yang meliputi biaya produksi, biaya riset dan biaya penjualan sedang 4,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari uji t, dapat diketahui hipotesa null bahwa variabel bebas biaya produksi, biaya riset dan biaya penjualan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap laba usaha karena t hitungnya (0,210, 0,606 dan 1,915) berada di antara 2 titik kritis , -2,015 dan 2.015. Tidak signyikannya pengaruh ini karena adanya multikoliniear dan autokorelasi antar variabel bebas. Padahal berdasar trend nilai biaya produksi, biaya riset dan biaya penjualan memiliki kemiripan dengan trend laba usaha. Hasil uji F diperoleh bahwa F hitung lebih besar daripada F tabel, 39,238 > 5,79. Dengan demikian hipotesa null yang menyatakan tidak ada pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat ditolak dan hipotesa alternatif yang menyatakan adanya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat diterima atau dapat difungsikan adanya pengaruh biaya produksi, biaya riset dan biaya penjualan terhadap laba usaha. Adanya pengaruh variabel biaya produksi, biaya riset dan biaya penjualan terhadap laba usaha dibuktikan dengan semakin luasnya varian produk perusahaan, adanya inovasi produk baru, daerah pemasaran yang lebih luas dan terus meningkatnya laba usaha perusahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Edison Panjaitan., Pembimbing II: Drs. Sujiyo Miranto, M.Pd.
Subjects: Manajemen > Manajemen Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Depositing User: Admin Administrator Administrator
Date Deposited: 15 Dec 2025 02:03
Last Modified: 15 Dec 2025 02:03
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/37252

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year