Sitanggang, Asima Oktavia (2020) Androgini: Popularitas dan Eksistensi Bagi Remaja di Era Digital. Jurnal Spektrum Komunikasi, 08 (01). pp. 41-47. ISSN 2338-0861
Text
73-Article Text-366-3-10-20200626_ANDRO.pdf - Other Download (509kB) |
Abstract
Penelitian ini mengangkat isu androgini yang merupakan salah satu dari klasifikasi individu dengan orientasi peran gender: maskulin, feminin, androgini, dan undifferentiated-berbeda dengan lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT). Tujuan penelitian ini untuk menganalisa pengungkapan diri androgini di media sosial di mana identitas diri tidak hanya terbatas pada bagaimana seseorang mengungkapkan siapa dirinya, namun bergeser menjadi suatu upaya untuk membentuk merek diri, menjadi daya tarik atau daya jual seseorang dan sebagai cara berkomunikasi untuk tetap ada. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian multiliterasi dari sejumlah buku, jurnal, teks, simbol dan berbekal pemikiran kritis dan kolaboratif. Penulis menyimpulkan bahwa fashion menjadi bahasa komunikasi androgini dan pengungkapan diri dari sosok yang tidak biasa adalah personal branding yang kuat. Hal itu menjadi pengaruh (influence) bagi orang-orang yang mengikutinya di mana pengaruh tersebut adalah kekuatan politis untuk menerima keberadaan androgini, mengubah pemikiran dan mempengaruhi orang lain-khususnya remaja di era informatika.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Asima Oktavia Sitanggang |
Date Deposited: | 31 Aug 2020 08:44 |
Last Modified: | 31 Aug 2020 08:44 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/4685 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year