Rikie, Andriyawan (2016) Peran Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan (Kemhan) Dalam Menindaklanjuti Opini Negatif Pemberitaan Media Cetak Kompas Dan Koran Tempo (Studi Deskriptif Kualitatif pada Pemberitaan Pesawat TNI AU yang Jatuh Periode 2015). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
|
Text (Cover - Daftar Isi)
201210415114_Rikie Andriyawan_Cover - Daftar Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
201210415114_Rikie Andriyawan_BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II, III, IV)
201210415114_Rikie Andriyawan_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
||
|
Text (BAB V)
201210415114_Rikie Andriyawan_BAB V.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
201210415114_Rikie Andriyawan_Daftar Pustaka.pdf Download (353kB) | Preview |
|
Text (Lampiran)
201210415114_Rikie Andriyawan_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Hubungan masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga hubungan baik antara internal maupun eksternal organisasi ataupun instansi lembaga di dalamnya. Peran humas ini dibutuhkan dalam kementerian, khususnya Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Pada tahun 2015 adanya pemberitaan yang negatif terkait alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI AU yang melibatkan Kementerian Pertahanan sebagai pengadaan alutsista. Penulis membahas mengenai peran Puskom Publik sebagai humas di dalam Kemhan untuk menindaklanjuti opini pemberitaan negatif pada media cetak Kompas dan Koran Tempo serta analisa dan avaluasi berita yang dilakukan Puskom publik Kemhan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan bersifat deskriptif dengan menggunakan studi kasus. Berdasarkan hasil observasi, penulis menemukan media informasi sebagai bentuk analisa dari pemberitaan terkait Kemhan, diantaranya adalah guntingan berita, esensi, jurnal, isu menonjol, dan rekapitulasi analisa dan evaluasi berita, serta pola komunikasi yang dilakukan untuk menyikapi opini negatif pada pemberitaan media cetak tersebut. Pada hasil pembahasan, opini pemberitaan yang terlihat media cetak Kompas dan Koran Tempo lebih mengedepankan unsur yang berimbang dalam menyampaikan informasi kepada publik, hal ini dikarenakan opini yang ada pada berita tidak memihak kepada siapapun dan dapat bersifat netral sesuai dengan fakta yang terjadi. Kata Kunci : Peran humas, humas pemerintah, Pusat komunikasi publik, Kemhan, peran, analisa, opini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Diah Ayu Permatasari, S. T, S. IP, M. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Rifal Mahalli |
Date Deposited: | 31 Aug 2017 02:54 |
Last Modified: | 31 Aug 2017 02:54 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/547 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year