Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Abdullah, Mamat Rahayu (2008) Analisis Hubungan Motivasi, Pemberian Kompensasi dan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Sekretariat Jenderal DPR RI. Masters thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
1999461014_Mamat Rahayu Abdullah_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
1999461014_Mamat Rahayu Abdullah_BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB II, III, IV)
1999461014_Mamat Rahayu Abdullah_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)
[img] Text (BAB V)
1999461014_Mamat Rahayu Abdullah_BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
1999461014_Mamat Rahayu Abdullah_Daftar Pustaka.pdf

Download (780kB)
[img] Text (Lampiran)
1999461014_Mamat Rahayu Abdullah_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Banyak faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan pegawai terhadap kineija dewan . Di antara sekian banyak faktor yang mempengaruhinya, penelitian ini memilih dan membatasi hanya pada faktor motivasi, pemberian kompenssi, dan pembelajaran. Ketiga variabel ini dipilih karena dianggap penting dalam upaya mempengaruhi kualitas pelayanan . Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel motivasi, kompensasi dan pembelajaran dengan kualitas pelayanan pegawai. Motivasi merupakan keinginan individual baik pemenuhan kebutuhan, kualitas hubungan keija ataupun karena integritas pribadinya untuk bekeija keras. Pemberian kompensasi merupakan kebijakan institusi, baik sebagai upaya pemenuhan kebutuhan hidup pegawai ataupun imbalan yang diberikan kepada pegawai karena prestasi keijanya. Pembelajaran adalah proses perbaikan pola berpikir, bertindak melalui kemampuan dan keterampilan keija yang terns diasah menuju peningkatan kemampuan keija. Kualitas pelayanan pegawai adalah segala hal yang dilaksanakan oleh pegawai Sekretariat Jenderal DPR RI sebagai bentuk pelayanan, baik teknis, administrative ataupun keahlian untuk mendukung pelaksanaan fungsi, wewenang dan tugas konstitusional Anggota Dewan. Penelitian ini menggunakan metoda survai dengan menggunakan kuesioner untuk menjaring jawaban responden atas permasalahan yang diajukan. Responden didapat melalui sistematik stratified random sampling . Variabel penelitian dibagi atas faktor motivasi (X1), faktor pemberian kompensasi (X2) dan faktor pembelajaran (X3) sebagai independent variable . Sedangkan dependent variable berlaku untuk variabel peningkatan kualitas pelayanan pegawai (Y). Pengolahan data dengan peningkatan dengan menggunakan uji statistic melalui program SPSS dan penghitungan dengan menggunakan rumus korelasi Spearman's untuk mengetahui hubungan variabel-variabel tersebut. Dari hasil pengolahan data, diketahui bahwa korelasi antar variabel bebas X 1 terhadap variabel terikat Y adalah sebesar r = 0,467, dengan taraf signifikan 0.01. Sedangkan korelasi antara variabel X2 terhadap Y adalah r = 0,330, dengan taraf signifikan 0.01. Adapun korelasi antara variabel X3 terhadap Y adalah r = 0,372 dengan tarafsignifikan 0.01. Sedangkan dari hasil pegujian hipotesis melalui uji t diperoleh hasil bahwa motivasi berpengaruh signifikan positif terhadap kualitas pelayanan (t hitung = 4,155), sedangkan kompensasi juga berpengaruh signifikan positifterhadap kualitas pelayanan (t hitung = 2,725) dan pembelajaran juga berpengaruh signifikan positif terhadap kualitas pelayanan (t hitung = 2,355). Dari hasil uji t menunjukkan bahwa motivasi berpengauh dominan terhadap kualitas pelayanan, diikuti oleh kompensasi dan terakhir adalah pengaruh pembelajaran terhadap kualitas pelayanan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian terbukti dan dapat diterima . Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kompensasi Pegawai, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kompensasi Pegawai, Pembelajaran
Subjects: Manajemen > Manajemen Kontrol dan Kualitas
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Depositing User: Raden Ola Triana
Date Deposited: 06 Apr 2021 03:50
Last Modified: 06 Apr 2021 03:50
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/8243

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year