Fahmi Sahlan, S.Pd.I., M.IRKH., Fahmi Sahlan, S.Pd.I., M.IRKH. (2020) Analisis Kajian Hadits Tentang Metodologi Pembelajaran Rasulullah SAW. Jurnal Al Marhalah.
Text
Peer Review Analisis.pdf Download (1MB) |
Abstract
Hadis sebagai suatu second hukum dari al-Quran. Di dalamnya terdapat aspek kehidupan Rasul yang menjadikan rujukan untuk pengikutnya, termasuk dari segi pendidikan. Pendidikan dan pembelajaran Rasul berbeda-beda dari segi metodologi sesuai konteks sosial yang terjadi. Beragam metodologi yang diberikan oleh Rasul, dari metode ceramah sampai peragaan. Dimana metode ini dalam artikel ini dijelaskan dari segi sosoi-historis secara gamblang. Banyak yang diterapkan dalam praktek pendidikan di masa kini yang bersumber dari metodologi pembelajaran Rasul. Dalam proses belajar mengajar, Rasulullah Saw, senantiasa memilih metode-metode yang dinilai efektif dan efisien, mudah dipahami dan dicerna akal, serta mudah diingat sesuai dengan porsi dan kapasitas intelektual peserta didik. Fenomena tersebut dapat kita buktikan ketika mengeksplorasikan beberapa hadits, mulai dari mempelajari teks-teksnya sampai membacanya dengan cermat, tentu akan banyak ditemukan model perkataan (pengajaran) beliau yang sangat variatif.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Agama |
Divisions: | Peer Review |
Depositing User: | Fahmi Sahlan |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 04:37 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 04:37 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/14707 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year