Fiqih, Nur Amsyah (2018) Usulan Perbaikan Lini Proses Produksi Bracket Oil Cooler Dengan Metode Line Balancing di PT. RAB. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text (Cover-Daftar Isi)
201210215209_Irwandi_Cover-Daftar Isi.pdf Download (740kB) |
|
Text (BAB I)
201210215209_Irwandi_BAB I.pdf Download (603kB) |
|
Text (BAB II, III, IV)
201210215209_Irwandi_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (958kB) |
|
Text (BAB V)
201210215209_Irwandi_BAB V.pdf Download (53kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
201210215209_Irwandi_Daftar Pustaka.pdf Download (64kB) |
|
Text (Lampiran)
201210215209_Irwandi_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) |
Abstract
PT.RAB merupakan perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur. Salah satu produk yang dihasilkan adalah Bracket Oil Cooler. Bracket Oil Cooler merupakan produk yang berfungsi sebagai dudukan untuk pendingin oli mesin pada kendaraan Mitsubishi Elf. Pada proses produksi Bracket Oil Cooler terjadi ketidakseimbangan lini waktu proses kerja yang tidak merata mengakibatkan tingginya waktu menunggu (idle time) sehingga proses produksi tidak maksimal. Dalam hal ini perlu adanya penelitian untuk mengatasi permasalahan keseimbangan lini produksi pada proses produksi Brakcet Oil Cooler. Metode yang digunakan adalah Line Balancing melalui pendekatan Killbridge- Wester Heuristic hasil temuan penelitian adalah pengelompokan stasiun kerja I proses blanking, Stasiun Kerja II pengelompokan proses bending 1 dan bending 2, Stasiun kerja III pengelompokan proses piercing dan cutting, Stasiun kerja IV pengelompokan proses drawing, buffing dan spot welding. Stasiun kerja V proses painting, Stasiun kerja VI quality checking. Dari pengelompokan tersebut menghasilkan stasiun kerja yang awalnya 10 stasiun menjadi 6 stasiun serta mengurangi tenaga kerja operator dari 10 orang menjadi 6 orang. Dengan metode Killbridge- Wester Heuristic menghasilkan peningkatan nilai efisiensi lini sebesar 72%, dengan penurunan nilai balance delay sebesar 45.6%, penurunan idle time sebesar 32.9%, penurunan nilai smoothes index sebesar 41.3% dan juga mengurangi tenaga kerja operator sebesar 40%. Kata Kunci: Line Balancing, Cycle Time, Kilbridge- Wester Heuristic, Idle Time, Efisiensi Lini, Balance Delay, Smoothes Index
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Drs. Novrizal, MT, Pembimbing II: Jiden Robert Siagian, Ir., MM |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Industri |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Raden Ola Triana |
Date Deposited: | 12 Mar 2019 06:00 |
Last Modified: | 12 Mar 2019 06:00 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/1625 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year