Rianto, Muhammad Richo, MRR (2020) PENGARUH PERUBAHAN STRATEGI PEMASARAN, PENGELOLAAN PENGETAHUAN DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA YANG DI MEDIASI OLEH ORGANISASI PEMBELAJAR PADA PERBANKAN SYARIAH DI DKI JAKARTA. Doctoral thesis, Universitas Trisakti.
Text
Disertasi Muhammad Richo Rianto - sesuai .pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan utama menganalisis kinerja perbankan syariah yang dipengaruhi oleh perubahan strategi pemasaran, pengelolaan pengetahuan dan kepemimpinan transformasional yang dimediasi oleh organisasi pembelajar di DKI Jakarta. Penelitian ini fokus pada tiga variabel independent (X), satu variabel dependen(Y) dan satu variabel mediasi (Z). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner yang ditujukan pada responden kepala cabang dan supervisor atau officer perbankan syariah yang berada di wilayah DKI Jakarta. Penarikan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 228. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian hipotesis (Hypothesis Testing) dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) – SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini memberikan penjelasan bahwa peranan mediasi organisasi pembelajar pada hubungan perubahan strategi pemasaran, pengelolaan pengetahuan dan kepemimpinan transformasional terhadap kinerja perbankan syariah di DKI Jakarta terbukti. Namun peranan tidak langsung organisasi pembelajar sebagai mediator lebih rendah dari pada pengaruh langsung dari masing masing variabel. Variabel perubahan strategi pemasaran memberikan pengaruh paling besar diantar semua variabel yang diteliti. Penelitian ini memberikan wawasan dan rekomendasi pada perbankan syariah di DKI Jakarta untuk dapat melakukan perubahan strategi pemasaran, meningkatkan dan mempertahankan pengelolaan pengetahuan, menerapkan kepemimpinan transformasional serta memperbaiki kapasitas dan kapabilitas organisasi pembelajar. Penelitian ini memiliki keterbatasan dalam penelitian yang hanya terbatas pada variabel perubahan strategi pemasaran, pengelolaan pengetahuan, kepemimpinan transformasional dan organisasi pembelajar. Keterbatasan dalam penelitian ini juga hanya mengamati responden di perbankan syariah wilayah DKI Jakarta dengan kriteria tertentu. Hal tersebut dapat menjadi saran untuk penelitian selanjutnya. Model penelitian yang diusulkan dalam penelitian ini mengembangkan konsep peranan mediasi organisasi pembelajar yang menghubungkan variabel perubahan strategi pemasaran terhadap kinerja perusahaan dengan menambahkan peranan variabel pengelolaan pengetahuan dan kepemimpinan transformasional pada perbankan syariah di DKI Jakarta. Kata kunci : Perubahan strategi pemasaran, pengelolaan pengetahuan, kepemimpinan transformasional, organisasi pembelajar, kinerja perusahaan, perbankan syariah, DKI Jakarta, Indonesia.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Muhammad Richo Rianto |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 02:37 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 02:37 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/20168 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year