Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Imaddudin, Imaddudin (2014) PENGARUH INFORMASI WISATA TAMAN MINI “INDONESIA INDAH” MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK DAN TWITTER TERHADAP SIKAP PENGGUNANYA. Masters thesis, Universitas Padjadjaran.

[img] Text (Tesis S2 Ilmu Komunikasi)
Tesis Imaddudin.pdf

Download (6MB)

Abstract

Informasi wisata dengan media yang efektif dan digandrungi oleh khalayak luas. facebook dan twitter salah satu media sosial yang banyak digunakan dan memudahkan jalur komunikasi antara pengelola taman mini “Indonesia indah” dengan publiknya menjadi lebih dekat dan sebagai media pencitraan taman mini “Indonesia indah”. Teori penelitian ini adalah teori psikologi kognitif, teori s-o-r dan teori intergrasi informasi dengan metode survey eksplanatori dengan rancangan verifikatif dan deskripsi analisis. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Sampel penelitian ini berjumlah 97 responden, yaitu pengguna facebook dan twitter taman mini “Indonesia indah” dengan teknik penarikan sampel systematic sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur dengan terlebih dahulu merubah skala data ordinal menjadi interval melalui teknik method of successive interval. Hasil penelitian ini menunjukkan valensi informasi dan bobot informasi wisata taman mini “Indonesia indah” melalui media sosial facebook dan twitter berpengaruh signifikan terhadap sikap penggunanya. Pengaruh valensi informasi terhadap kognitif cukup kuat, valensi informasi terhadap afektif kuat, valensi informasi terhadap konatif kuat dan pengaruh bobot informasi terhadap kognitif cukup kuat, bobot informasi terhadap afektif cukup kuat, bobot informasi terhadap konatif kuat serta secara keseluruhan pengaruh informasi wisata terhadap sikap pengguna menunjukkan pengaruh sangat kuat dan keseluruhannya secara signifikan memiliki pengaruh antar variabel. Simpulan penelitian ini menunjukkan semakin tinggi pengaruh informasi wisata taman mini “Indonesia indah” melalui media sosial facebook dan twitter maka semakin terpenuh informasi wisata yang disikapi oleh penggunanya secara kognitif, afektif dan konatif. Saran untuk pihak pengelola untuk lebih meningkatkan informasi wisata yang berkaitan dengan aspek kognitif, afektif, dan konatif dengan nilai-nilai informasi yang tinggi dengan sajian budaya antar daerah secara detail, untuk pengguna facebook dan twitter taman mini “Indonesia indah” menggunakan informasi wisata dengan bijak dan menjadi sumber referensi akan kebudayaan dan kekayaan Indonesia, untuk peneliti selanjutnya lebih menekankan satu unsur sikap dan sisi lain dari facebook dan twitter seperti dampak, keunggulan, kelemahan dan penggunaannya. Kata kunci : Informasi wisata, valensi dan bobot informasi, sikap, media sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Imaddudin
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:46
Last Modified: 13 Apr 2023 02:46
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/20470

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year