Eleanora, Fransiska Novita (2023) Buku Ajar Hukum Perlindungan Konsumen. [Teaching Resource] (Unpublished)
Text
Buku Ajar Hukum Perlindungan Konsumen.pdf Download (535kB) |
Abstract
Perlindungan bagi konsumen merupakan hak-hak dari masyarakat sebagai konsumen dalam memperoleh atau mengkonsumsi barang dan serta menikmati jasa yang sesuai dengan kebutuhan hidupnya, dimana dalam implementasinya apabila terjadi pelanggaran akan hak dari konsumen terkait dengan adanya cacat yang tersembunyi, bahkan layanan purna jual atau yang lainnya dapat merugikan konsumen. Prinsip akan adanya tanggungjawab dari perlindungan dari konsumen yang meliputi juga prinsip akan tanggung jawab berdasarkan unsur kesalahan, prinsip praduga untuk selalu bertanggungjawab, prinsip praduga untuk tidak selalu bertanggungjawab, prinsip tanggung jawab mutlak dan prinsip tanggung jawab dengan pembatasan. Selain itu adanya kedudukan dari konsumen yaitu harus selalu berhati-hati, adanya teori kehati-hatian, serta privasi bukan kontrak dan kontrak bukan merupakan syarat. Proses dalam beracara dilaksanakan dengan small claim, juga class action dan legal standing. Penyelesaian sengketa konsumen dapat diselesaikan melalui jalur pengadilan dan diluar jalur pengadilan melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK)
Item Type: | Teaching Resource |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Hukum > Hukum Perdata |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Fransiska Novita Eleanora |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 08:47 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 08:47 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/21531 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year