Aditia, Novilia (2023) Pengaruh penggunaan metode active learning tipe card sort terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajar IPS kelas V SDN Marga Jaya I Kota Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201910615023_Nur Azizah Pratiwi_Cover - Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
201910615023_Nur Azizah Pratiwi_BAB I.pdf Download (443kB) |
|
Text
201910615023_Nur Azizah Pratiwi_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
201910615023_Nur Azizah Pratiwi_BAB V.pdf Download (418kB) |
|
Text
201910615023_Nur Azizah Pratiwi_Daftar Pustaka.pdf Download (488kB) |
|
Text
201910615023_Nur Azizah Pratiwi_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode active learning tipe card sort terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajar IPS kelas V SDN Marga Jaya I Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subjek yaitu Guru Kelas V dan siswa kelas V SDN Marga Jaya I Kota Bekasi. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen berjumlah 27 siswa, dan kelas kontrol berjumlah 26 siswa. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan metode tes kemampuan berpikir kreatif IPS siswa di SD berupa soal pilihan esai, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan statistik uji-t, taraf signifikan 5% = 0,05. Analisis inferensial merupakan teknik analisis yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah hipotesis dalam penelitian diterima atau ditolak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode active learning tipe card sort terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajar ips kelas V SDN Marga Jaya I Kota Bekasi. Hal ini ditunjukkan pada hasil rata-rata nilai kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan pembelajaran card sort yaitu 67,11, dan kelas kontrol yang diberikan perlakuan pembelajaran konvensional yaitu 61,92.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 02:51 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 02:51 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25327 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year