Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Mangundjaya, Wustari L and Wicaksana, Seta A and Ersya, Callista Hapsari Almira Inez (2022) Board Game: Cara Pembelajaran Yang Menyenangkan Bagi Orang Dewasa. Sosio Konsepsia Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 11 (2). pp. 338-347.

[img] Text
2022 jurnal Board Game.pdf

Download (427kB)
Official URL: file:///C:/Users/SITI/Downloads/2.Boardgame.pdf

Abstract

Abstrak: Pengembangan SDM memerlukan adanya perubahan pendekatan sebagai dampak dari Revolusi Industri 4.0. Dalam hal ini setiap individu haruts mau dan mampu meningkatkan kompetensinya untuk dapat beradaptasi dengan kondisi saat ini serta berkompetisi dengan sehat. Pada era revolusi Industri 4.0 kompetensi merupakan hal yang esensial, sehingga setiap individu harus memelajari kompetensi baru. Meskipun demikian, proses pembelajaran merupakan proses yang kompleks, tidak dapat demikian saja dilakukan. Dalam hal ini, boardgame dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk membantu individu, khususnya orang dewasa dalam memelajari kompetensi baru maupun meningkatkan keterampilan yang sudah dimilikinya. Studi ini menggunakan 120 partisipan yang terdiri dari 60 partisipan karyawan dan 60 partisipan mahasiswa. Studi ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai efektivitas boardgame sebagai salah satu alat/metode pelatihan bagi orang dewasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa boardgame adalah suatu metode yang dapat digunakan untuk orang dewasa memelajari hal-hal baru dengan menyenangkan, dan memeroleh hasil pembelajaran yang efektif Abstract: Human development needs are shifting as the effect of Industry Revolution 4.0. People need to gain more competencies to be accelerating with the current condition and compete in this era. In Industry 4.0, competencies are essential, so people must acquire and learn new competencies. However, learning is not a one-way round; it is a complex process that needs to emerge within themself. In this sense, board games can be utilized to help people learn new competencies and enhance their capacity. This study consists of 120 participants, 60 participants from employees, and 60 participants from college students. The results showed that board games could be utilized as a learning method that is fun, challenging, and engaging for participants. Board games are great tools to use as they follow the andragogy assumptions, positively impacting learning. This study aims to give scientific studies on the use of board games in human development settings and board games, helping people seize their opportunities in Industry 4.0. This paper will discuss the effectiveness of board games as an educational tool in people's development.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Boardgame, Training, Adult Learning,
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mangundjaya Wustari Larasati
Date Deposited: 04 Mar 2024 01:43
Last Modified: 04 Mar 2024 01:43
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/27685

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year