Aprilio, Raynaldo (2023) Komunikasi Interpersonal Antara Pemilik Usaha Dengan Pelanggan Dalam Meraih Loyalitas Pelanggan di ‘Karonta Carwash’. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201910415403_Raynaldo Aprilio_Cover - Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
201910415403_Raynaldo Aprilio_BAB I.pdf Download (432kB) |
|
Text
201910415403_Raynaldo Aprilio_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (729kB) |
|
Text
201910415403_Raynaldo Aprilio_BAB V.pdf Download (342kB) |
|
Text
201910415403_Raynaldo Aprilio_daftar Pustaka.pdf Download (399kB) |
|
Text
201910415403_Raynaldo Aprilio_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan dalam bisnis atau usaha dibidang jasa kini menjadi aspek penting dalam meningkatkan kualitas ekonomi suatu negara. Pelanggan menjadi faktor utama dalam mendapatkan keuntungan berbisnis. Komunikasi menjadi dasar penting dalam membentuk suatu hubungan dengan pelanggan.. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana komunikasi interpersonal yang terjadi antara pemilik usaha ‘Karonta Carwash’ dengan tujuan utamanya adalah untuk meraih loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian deksriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk validitas data, peneliti menggunakan triangulasi sumber lewat perbandingan hasil pengamatan dengan data hasil wawancara. Dalam penelitian ini ditemukan lima kualitas umum efektivitas komunikasi interpersonal menurut Devito tahun 1995 yaitu keterbukaan dengan bersikap transparan kepada pelanggan, kemudian empati dengan dapat memahami setiap permasalahan pelanggan, lalu sikap saling mendukung dengan cara saling memberikan support, lalu sikap positif dengan selalu memberikan senyuman dan menunjukkan citra positif kepada pelanggan, dan kesetaraan dengan cara pemilik usaha menempatkan dirinya setara dengan pelanggan. Melalui tahapan tersebut pemilik usaha berhasil mendapatkan kepuasaan dan kepercayaan pelanggan. Dengan terbentuknya kepercayaan dan kepuasaan dalam suatu hubungan, maka akan dapat terciptanya juga suatu bentuk loyalitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme Ilmu Sosial > Komunikasi Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 06:34 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 06:34 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/28355 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year