Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Sitanggang, Asima Oktavia (2020) Konstruksi Makna Iklan Aqua Edisi "Aqua Life" #BijakBerplastik, Inovasi pertama di Indonesia. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 01 (06). pp. 55-71. ISSN 2686-5661

[img] Text
75-Article Text-169-1-10-20200126.pdf

Download (236kB)
Official URL: https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal...

Abstract

Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi massa yang berusaha mengonstruksikejadian dalam masyarakat dan nilai budaya di dalamnya menjadi suatu bentuk berdasarkan tema, citra dan makna simbolik tertentu. AQUA LIFE #BijakBerplastik, berusaha menggerakkan konsumennya untuk turut dalam kampanye yang diluncurkan mereka sejak 5Juni 2018 sehubungan dengan pengurangan sampah plastik dengan mengggunakan plastik daur ulang pada kemasan Aqua 100% daur ulang. Dengan menggunakan metode analisa semiotika Roland Barthes, penulis menemukan beberapa konstruksi makna AQUA LIFE #BijakBerplastik berdurasi 60 detik ini. Iklan ini tidak hanya mengajak konsumennya untuk berkontribusi meneruskan kebaikan bagi bumi dengan mengurangi sampah plastik tapi juga memperkuat konstruksi strategi branding-nya yang tercermin dalam dua mitos utama: (1) consistency Aqua dalam memberi pelayanan dan membangun kesetiaan pelanggan; (2) brand personality Aqua yang murni, berkomitmen dan peduli akan lingkungan. Kata kunci: tanda; iklan; semiotika Roland Barthes; kontruksi makna.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Asima Oktavia Sitanggang
Date Deposited: 31 Aug 2020 07:12
Last Modified: 31 Aug 2020 07:12
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/4674

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year