Sitanggang, Asima Oktavia (2020) Konstruksi Makna Iklan Aqua Edisi "Aqua Life" #BijakBerplastik, Inovasi pertama di Indonesia. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 01 (06). pp. 55-71. ISSN 2686-5661
Text
75-Article Text-169-1-10-20200126.pdf Download (236kB) |
Abstract
Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi massa yang berusaha mengonstruksikejadian dalam masyarakat dan nilai budaya di dalamnya menjadi suatu bentuk berdasarkan tema, citra dan makna simbolik tertentu. AQUA LIFE #BijakBerplastik, berusaha menggerakkan konsumennya untuk turut dalam kampanye yang diluncurkan mereka sejak 5Juni 2018 sehubungan dengan pengurangan sampah plastik dengan mengggunakan plastik daur ulang pada kemasan Aqua 100% daur ulang. Dengan menggunakan metode analisa semiotika Roland Barthes, penulis menemukan beberapa konstruksi makna AQUA LIFE #BijakBerplastik berdurasi 60 detik ini. Iklan ini tidak hanya mengajak konsumennya untuk berkontribusi meneruskan kebaikan bagi bumi dengan mengurangi sampah plastik tapi juga memperkuat konstruksi strategi branding-nya yang tercermin dalam dua mitos utama: (1) consistency Aqua dalam memberi pelayanan dan membangun kesetiaan pelanggan; (2) brand personality Aqua yang murni, berkomitmen dan peduli akan lingkungan. Kata kunci: tanda; iklan; semiotika Roland Barthes; kontruksi makna.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Asima Oktavia Sitanggang |
Date Deposited: | 31 Aug 2020 07:12 |
Last Modified: | 31 Aug 2020 07:12 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/4674 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year