Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

ANDRIAN, ANDRIAN (2013) PENGARUH PROMOSI,POTONGAN HARGA DAN RAGAM PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. MATAHARI DEPARTMENT STORE MALL METROPOLITAN BEKASI. Masters thesis, UNIVERSITAS BSI BANDUNG.

[img] Text
THESIS ANDRIAN_compressed.pdf

Download (985kB)

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan pada PT. Matahari Department Store Mall Metropolitan Bekasi bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh (1) Promosi terhadap Volume Penjualan (2) Potongan Harga terhadap Volume Penjualan, dan (3) Ragam Produk terhadap Volume Penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, populasi dan sampelnya adalah mahasiswa di BSI, STIE Pertiwi dan STKIP Kusuma Negara di Kota Bekasi sebanyak 52 orang, dengan teknik sampling multi state random sampling. Instrumen angket Skala Likert digunakan untuk menjaring data variabel Promosi, Potongan Harga, Ragam Produk dan Volume Penjualan. Keterandalan instrumen di hitung dengan rumus Alpha cronbach, dengan hasil uji coba sebagai berikut : (1) Faktor promosi berpengaruh, tetapi tidak signifikan terhadap peningkatan volume penjualan dengan uji statistik melalui uji t dengan taraf nyata 5%, di mana memiliki nilai thitung (1,656) < ttabel (1,671) dan memiliki nilai probabilitas 0,104 > 0,05. (2) Faktor potongan harga tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan volume penjualan dengan uji statistik melalui uji t dengan taraf nyata 5%, di mana memiliki nilai thitung (-0,563) < ttabel (1,671) dan memiliki nilai probabilitas 0,576 > 0,05. (3) Faktor ragam produk berpengaruh signifikan terhadap peningkatan volume penjualan dengan uji statistik melalui uji t dengan taraf nyata 5% di mana memiliki nilai thitung (2,990) > ttabel (1,671) dan memiliki nilai probabilitas 0,004 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel/faktor yang paling dominan berpengaruh pada peningkatan volume penjualan pada PT. Matahari Department Store Mall Metropolitan Bekasi adalah ragam produk, dikarena memiliki nilai thitung terbesar dan memiliki nilai probabilitas terkecil, dimana semakin kecil nilai probabilitas, akan semakin besar pengaruhnya terhadap peningkatan volume penjualan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Promosi, Potongan Harga, Ragam Produk, Volume Penjualan
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Andrian Andrian
Date Deposited: 21 Oct 2021 07:08
Last Modified: 21 Oct 2021 07:08
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/11318

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year