Model Peningkatan Keputusan Konsumen Melalui Kualitas Produk, Harga dan Food Safety UMKM Ikan Asin Panimbangan Banten

Soehardi, Soehardi (2021) Model Peningkatan Keputusan Konsumen Melalui Kualitas Produk, Harga dan Food Safety UMKM Ikan Asin Panimbangan Banten. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3 (2). pp. 156-169. ISSN 2684-7000

[img] Text
Model Peningkatan Keputusan Konsumen Melalui Kualitas Produk, Harga dan Food Safety UMKM Ikan Asin Panimbangan Banten.pdf

Download (463kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis model peningkatan keputusan konsumen melalui kualitas produksi, harga dan food safety UMUKM ikan asin Panimbang Provinsi Banten. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja pada usaha mikro, kecil dan menengah di Kecamatan Panimbang Provinsi Banten. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling dengan jumlah 95 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis uji validitas, reliabilitas, normalitas, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Keputusan konsumen dipengaruhi secara signifikan oleh kualitas produk. Rasa produk ikan asin lebih disukai dari pada warna, bau dan metode proses ikan asin. Keputusan konsumen dipengaruhi secara signifikan oleh Harga. Biaya pembelian bahan baku merupakan faktor penting bagi pengain apabila dibandingkan biaya tenaga kerja dan persaingan harga. Keputusan konsumen dipengaruhi secara signifikan oleh food safety. Tidak adanya label food safety produk ikan asin Panimbang menjadi faktor yang dominan dibandingkan kontaminasi bahan-bahan kimia, garam dan mikroba. Semakin baik kualitas produk, persaingan harga kompetitif dan aman dari kontamina, maka semakin tinggi keputusan konsumen untuk membeli produk ikan teri Panimbang Banten. Keputusan konsumen untuk membeli ikan asin Panimbang Banten banyak faktor-faktor yang menentukan antara lain: kualitas produk, harga dan food safety. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kualitas produk lebih berpengaruh terahadp keputusan konsumen apabila dibandingkan dengan harga dan food safety. Kata Kunci: Keputusan Konsumen, Kualitas Produk, Harga dan Food Safety

Item Type: Article
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Soehardi, Soehardi0311096604
Depositing User: Soehardi
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:51
Last Modified: 02 Mar 2022 07:51
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/13464

Actions (login required)

View Item View Item