Pengaruh Bunaken Brand, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Turis Domestik dan Asing di Provinsi Sulawesi Utara

Soehardi, Soehardi (2020) Pengaruh Bunaken Brand, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Turis Domestik dan Asing di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2 (1). pp. 9-19. ISSN 2684-7000

[img] Text
Pengaruh Bunaken Brand, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Turis Domestik dan Asing di Provinsi Sulawesi Utara.pdf

Download (442kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bunaken brand, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan turis domestik dan asing di Provinsi Sulawesi Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan analisis Standardized Loading Factor, Construct Reliability, Average Variance Extract (AVE) dan Uji Model Struktural T Statistics and P Values menggunakan software Partial Least Square atau PLS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh turis domestik dan asing yang berkunjung ke Provinsi Sulawesi Utara dengan menggunakan purposive sampling diperoleh sample berjumlah 99. Hipotesis pertama tidak ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap Bunaken brand. Semakin menurun atau meningkatknya indikator kualitas pelayanan pemandu wisata, fasilitas transportasi, infrastruktur, akomodasi dan kerahmatamahan, maka tidak mempengaruhi Bunaken brand bagi turis domestik dan asing. Hipotesis kedua ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan turis. Semakin mendominasi indikator kualitas pelayanan pemandu wisata dan fasilitas transportasi, maka turis domestik dan asing semakin merasa puas. Hipotesis ketiga ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap promosi. Semakin tinggi kualitas pelayanan pemandu wisata, fasilitas transportasi, infrastruktur, akomodasi dan kerahmatamahan, maka semakin baik promosi Taman Nasional Bunaken kepada turis domestik dan asing. Hipotesis keempat ada pengaruh promosi terhadap Bunaken brand. Semakin meningkat indikator promosi kompetitif, loyalitas, even promosi, informasi pariwisata, maka semakin dikenal citra merek Bunaken oleh turis domestik dan asing. Hipotesis kelima ada pengaruh promosi terhadap kepuasan turis. Semakin meningkat indikator promosi kompetitif, loyalitas, even promosi dan informasi pariwisata, maka semakin semakin merasa puas turis domestik dan asing berkunjung ke TN Bunaken. Hipotesis keenam ada pengaruh Bunaken brand terhadap kepuasan turis. Semakin meningkat indikator brand image, brand experience, brand identity, brand loyalty and brand value, maka semakin puas turis domestik dan asing berkunjung ke TN Bunaken. Kata kunci: Bunaken brand, promosi, kualitas pelayanan dan kepuasan turis domestik dan asing

Item Type: Article
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Soehardi, Soehardi0311096604
Depositing User: Soehardi
Date Deposited: 07 Mar 2022 03:54
Last Modified: 07 Mar 2022 03:54
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/13534

Actions (login required)

View Item View Item