Analisis Percepatan Waktu Dengan Biaya Optimum Pada Proyek Renovasi Gedung dengan Metode Time Cost Trade Off (Studi Kasus Proyek Renovasi Gedung Bank Pundi KC. Purwokerto)

Nadia, Ainun (2017) Analisis Percepatan Waktu Dengan Biaya Optimum Pada Proyek Renovasi Gedung dengan Metode Time Cost Trade Off (Studi Kasus Proyek Renovasi Gedung Bank Pundi KC. Purwokerto). Jurnal Riset dan Teknologi. ISSN 2087-8540 (Unpublished)

[img] Text
JURNAL RISTEK FT_VOL 4_NO 4 _NOVEMBER 2017.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK - Proyek yang menjadi studi kasus adalah proyek renovasi gedung Bank Pundi KC Purwokerto, dimana durasi pekerjaan yang direncanakan adalah 31 hari dan sesuai dengan surat perjanjian kerja. Durasi pekerjaan ini diminta agar lebih dipercepat oleh pihak pelanggan (Bank Pundi) menjadi 25 hari. Percepatan durasi proyek dapat diatasi dengan menggunakan metode time cost trade off. Alternatif percepatan yang digunakan adalah penambahan jam kerja (lembur) dengan 1, 2, 3 dan 4 jam. Tahap pertama dalam melakukan percepatan durasi ini adalah dengan menentukan kegiatan-kegiatan kritis menggunakan aplikasi Microsoft Project. Tahap kedua adalah melakukan crashing program pada kegiatan-kegiatan kritis. Tahap selanjutnya dianalisa dengan metode time cost trade off yaitu dengan melakukan kompresi (penekanan) durasi pada kegiatan-kegiatan kritis. Dari hasil analisa percepatan durasi proyek dengan metode time cost trade off pada proyek renovasi gedung Bank Pundi KC Purwokerto diperoleh waktu optimum 24,83 hari pada alternatif penambahan 2 jam kerja (lembur). Biaya optimum dari percepatan bertambah sebesar 126,4%.

Item Type: Article
Subjects: Umum > Jurnal
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
KODE PRODI: Teknik Industri
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Nadia, AinunNIDN0311057504
Depositing User: Ainun Nadia
Date Deposited: 18 Jul 2022 06:10
Last Modified: 18 Jul 2022 06:10
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/14554

Actions (login required)

View Item View Item