Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Octafiany, Princess Anggun (2020) Ganti Rugi Terhadap Penumpang Pesawat Terbang Komersial Atas Hilangnya Barang Di Bagasi Pesawat Terbang. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201610115199_Princess Anggun Octafiany_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
201610115199_Princess Anggun Octafiany_BAB I.pdf

Download (567kB)
[img] Text
201610115199_Princess Anggun Octafiany_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201610115199_Princess Anggun Octafiany_BAB V.pdf

Download (243kB)
[img] Text
201610115199_Princess Anggun Octafiany_Daftar Pustaka.pdf

Download (472kB)
[img] Text
201610115199_Princess Anggun Octafiany_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang Masalah Saat ini penerbangan merupakan salah satu moda transportasi bagi masyarakat untuk berpergian sehingga perusahaan maskapai penerbangan berlomba-lomba untuk menawarkan jasa kepada konsumen untuk memilih jasa mereka. Namun maskapai penerbangan sebagai pelaku usaha kurang memperhatikan keamanan pada barang bawaan penumpang di bagasi tercatat maupun bagasi kabin. Khususnya pada bagasi tercatat masih banyak muncul di berbagai media seperti televisi, koran, internet tentang kehilangan barang di bagasi pesawat. Tujuan penelitian untuk mengacu pada pertimbangan hakim dalam sengketa kehilangan barang di bagasi pesawat milik Mahsin dan Po Li Pin. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif dengan meneliti putusan Pengadilan Negeri dan Mahkamah Agung. Hasil Penelitian putusan majelis hakim pada Perkara Nomor 1317 K/Pdt.Sus-BPSK/2017 dalam pertimbangannya ditingkat kasasi Mahkamah Agung sudah menerapkan undang-undang yang berlaku dan sudah sesuai. Berbeda dengan putusan selanjutnya yaitu dalam putusan majelis hakim pada Perkara Nomor 6/Pdt.G.S/2018/PN.Dps. dalam pertimbangannya hakim tidak menerapkan dan tidak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen yang dimana berlaku pada setiap pelaku usaha dan konsumen termasuk dalam sengketa yang dialami oleh Po Li Pin dan PT. Lion Mentari Airlines dan kurang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai tanggung jawab pengangkut udara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 23 Nov 2022 01:33
Last Modified: 23 Nov 2022 01:33
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/16310

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year